Forda KORMI Kaksel Ajang Seleksi Fornas

FORDA KORMI-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melepas burung merpati dan balon menandai Forda KORMI dimulai, Sabtu (26/3/2022) di Kiram Park Kabupaten Banjar. (foto: Tolah/brt)

Banjar, HARITO – Atlet terbaik daerah tengah mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) yang dibuka langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Evan yang diselenggarakan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) ini, sebagai ajang seleksi menghadapi
Festival Olahraga Masyarakat Nasional ( Fornas) VI 2022 di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel).

Perhelatan Forda ini, menghadirkan seluruh KORMI kabupaten dab kota dengan melibatkan 2.465 peserta. Pelaksanaan even ini dipusatkan di dua tempat, yakni Kiram Park Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin.

“Forda Kalsel digelar sebagai bentuk seleksi untuk menentukan wakil ke ajang Festival Olahraga Masyarakat Nasional ( Fornas) VI 2022 di Palembang, Sumatera Selatan,” sebut H Sahbirin Noor yang juga Ketua KORMI Kalsel, Sabtu (26/3/2022).

Melalui Forda ini, lanjut pria yang kerap disapa Paman Birin, juga bisa menjaga kondisi kebugaran dan olahraga juga dapat membawa kebahagiaan sekaligus prestasi.

“Kami berharap dengan olahraga seperti ini masyarakat semakin sehat, semakin gembira sekaligus juga berprestasi,” tuturnya.

Pada ajang Fornas di Sumsel nanti, sambungnya, atlet Kalsel dapat memberikan kemampuan terbaiknya sehingga dapat keluar menjadi juara. “Kalau bisa, juara. Karena, kita pernah meraih gelar sebagai juara umum,” harapnya.

Pada ajang Fornas IV, Kalsel yang menjadi tuan rumah sukses meraih gelar juara umum.

Sedangkan pada Fornas V 2019, kontingen Kalsel di posisi ke empat dengan raihan 9 emas, 13 perak dan 9 perunggu.

Sebanyak 56 cabang olahraga akan dipertandingkan di Fornas VI pada Juli 2022. Merupakan even terbesar karena ada peningkatan bila dibandingkan di Kalimantan Timur yang hanya mempertandingkan 37 cabor.

Penulis: Tolah

Related posts

Zainal Hakim Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Asosiasi Futsal Banjarmasin 2024

Gubernur Kalsel Buka Popda 2024 di HSS Dengan Lapan Cabor

Gubernur Jebol Gawang Bank Kalsel, Sepakbola Paman Birin Tropy VII 2024