Fattan Raih Tiga Medali Popda Kalsel, Tekad Ukir Prestasi Popnas

Fattan dan Budiono

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Prestasi Fattan Nindya Giffari langsung melejit. Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin ini berhasil menyabet tiga medali di cabang panahan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel, Kamis (26/5/2023) di Lapangan Sepakbola SKB Mulawarman Banjarmasin.

Buah hati pasangan Budiono dan Tintin Kurniasih itu, meraih satu keping medali emas, dan dua perak. Untuk medali emas, saat Fattan turun di nomor compound putra kualifikasi seai 2 dengan poin 321. Hasil tersebut mengungguli Fathiya Praba Wistara (Banjarmasin) dengan poin 310 yang kebagian medali perak, Ahmad Fahdillah Hilmi (Balangan) peraih perunggu.

Kemudian medali perak Fattan di nomor compound putra kualifikasi sesi 1 dengan poin 318. Sedangkan medali emas didapat Ahmad Fahdillah Hilmi (Balangan) yang mengumpulkan poin 319, dan Fathiya Praba Wistara (Banjarmasin) mencapai poin 310 dengan medali perak.

Satu lagi medali perak Fattan diberegu putra bersama Habibi Muhammad Bahruddin, dan Muhammad Farhan Rifa Athaya. Dinomor ini, regu Banjarbaru yang mendulang medali emas, Tanah Bumbu (Tanbu) medali perak.

“Bersyukur bisa mempersembahkan medali bagi Kontingen Banjarmasin pada Popda kali ini,” ungkap Fattan yang merupakan anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Apalagi, lanjut Fattan yang lahir di Banjarmasin 4 September 2008, untuk kali pertama mengikuti Popda langsung naik podium. “Semua ini berkat dukungan pelatih, sekolah, dan orang tua,” ucapnya.

Baca Juga: Tendangan Spektakuler Paman Birin, Jebol Gawang Bank Kalsel

Mengenal olahraga panahan, lanjutnya, sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD). “Awalnya diajak ayah melihat orang latihan dan akhirnya mencoba. Bahkan diberi kesempatan mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurpro) panahan dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Kandangan mewakili Banjarmasin,” kenangnya.

Dengan prestasi Popda ini, ditambahkannya, menjadi motivasi untuk terus berlatih agar lebih maju dan perkembang lagi. “Mudah-mudahan saya bisa berbuat yang terbaik bagi daerah di level nasional, seperti Popnas 2023 di Palembang,” harapnya.

Sementara itu, guru olahraga SMP Negeri 7 Banjarmasin Samsuddin menyebutkan, Fattan sosok yang rajin dan tekun dalam latihan. “Dari segi mata pelajaran juga cukup bagus. Pada prinsipnya, pihak sekolah sangat mendukung kalau ada siswa dan siswi yang ingin latihan dan mengikuti berbagai kejuaraan,” tuturnya.

Sebagai orang tua, Budiono merasa senang atas prestasi Fattan. “Semua ini tidak lepas dari peran pelatih dan pihak sekolah yang berkomitmen memberikan waktu untuk mengembangkan kemampuan siswanya,” sebut Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel ini.

Penulis: Tolah

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Zainal Hakim Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Asosiasi Futsal Banjarmasin 2024

Gubernur Kalsel Buka Popda 2024 di HSS Dengan Lapan Cabor

Gubernur Jebol Gawang Bank Kalsel, Sepakbola Paman Birin Tropy VII 2024