DPRD-DPMD Kalsel Pelajari Pengelolaan Wisata Alam Pujon Kidul Malang

by admin
3 comments 2 minutes read

Malang, BARITOPOST.CO.ID – Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel sebagai mitra kerja melakukan kunjungan kerja dalam rangka Studi Komparasi Pengembangan dan Pemanfaatan Potensi Alam oleh Unit Usaha BUMDes Sumber Sejahtera Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (5/9/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, DPMD Provinsi Kalsel, Muhammad Agus Fariady mengungkapkan, kegiatan studi komparasi dilakukan sebagai media pembanding terhadap daerah-daerah yang telah berhasil memanfaatkan potensi alam sebagai kawasan wisata, terutama yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dipilihnya Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang sebagai lokasi studi banding, terang Agus, berdasarkan pertimbangan bahwa desa tersebut berhasil menggerakkan dan meningkatkan potensi alamnya. Desa Pujon Kidul juga mengantongi sejumlah penghargaan nasional dan ASEAN.

Terhadap hal itu, maka menurutnya sangat memungkinkan bagi Provinsi Kalsel untuk mempelajari cara pengelolaan desa wisata di Kabupaten Malang tersebut agar dapat diimplementasikan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten di Kalsel.

“Desa-desa di Provinsi Kalsel yang berjumlah 1.864 berpotensi menjadi desa wisata alam, khususnya wisata agro. Ini juga mengingat bahwa Kalsel sebagai lumbung pertanian misalnya di Kabupaten Batola, Tapin dan Tanah Laut. Komoditi pertanian di desa, selain menyuplai kebutuhan warga dan daerah, lokasinya berpeluang untuk dikembangkan lagi oleh BUMDes sebagai destinasi wisata,” jelas Agus.

Seperti diketahui sebagai upaya peningkatan ekonomi desa, imbuh Agus Fariady, BUMDes harus mampu memanfaatkan dan mengelola potensi sumber daya alam di desanya.

Agus juga menekankan pentingnya sinergi antara desa dan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi alam. Artinya, pengembangan desa wisata juga harus memperhatikan segala aspek, lingkungan, pendidikan, tenaga kerja dan faktor lainnya.

Dia mencontohkan, BUMDes Sumber Sejahtera, pengelola Desa Wisata Pujon Kidul memiliki unit usaha dan melayani kebutuhan dasar warga. Kawasan tersebut dilengkapi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal dan IPAL Kafe Sawah yang merupakan salah satu tujuan wisata berupa kafe diantara areal persawahan.

Selain itu, Desa Pujon Kidul memberikan beasiswa dan uji kompetensi bagi pengurus BUMDes yang merupakan salah satu solusi permasalahan sosial, tenaga kerja dan pendidikan di desa tersebut.

Dengan kata lain, pengembangan desa wisata, selain menyumbang pendapatan daerah, juga turut berkontribusi dalam mengatasi masalah di desa.

Kegiatan studi banding Komisi I DPRD Kalsel di Desa Pujon Kidul diisi dengan pertemuan dan kunjungan lapangan.

Komisi I DPRD Kalsel dipimpin Rachmah Norlias (ketua), bersama Wakil Ketua Komisi I, Siti Nortita Ayu Febria serta anggota, diantaranya Haryanto, Dewi Damayanti Said dan Burhanuddin.

Pada pertemuan di Kabupaten Malang, rombongan berdialog dengan Analis Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat (PEM), DPMD Provinsi Jatim, Rini Martrisni dan perangkat desa setempat.

Rilis    : DPMD Kalsel/Cynthia
Editor : Sophan Sopiandi

You may also like

3 comments

Bejat, Residivis Hamili Anak Tiri hingga Melahirkan 05 September 2022 - 20:01

[…] Juga: – DPRD-DPMD Kalsel Pelajari Pengelolaan Wisata Alam Pujon Kidul Malang – Kejahatan Skimming Bank Kalsel, Penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel Tetapkan Satu […]

Reply
Kisruh dengan PD Baratala, PT BTG. Duga adanya Keterlibatan Mafia Tambang 05 September 2022 - 20:05

[…] Juga: – DPRD-DPMD Kalsel Pelajari Pengelolaan Wisata Alam Pujon Kidul Malang – Kejahatan Skimming Bank Kalsel, Penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel Tetapkan Satu […]

Reply
Diseruduk Motor Pelajar di Handil Bakti, Ibu Pengendara Pancal Tewas 06 September 2022 - 14:08

[…] Juga: – DPRD-DPMD Kalsel Pelajari Pengelolaan Wisata Alam Pujon Kidul Malang – Kejahatan Skimming Bank Kalsel, Penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel Tetapkan Satu […]

Reply

Leave a Comment