DPMD Kalsel Gelar Bimtek Prudes

Bimtek Produk Unggulan Desa di salah satu hotel di Jalan H  Djok Mentaya, Rabu (7/6) sore. (Foto:tya/brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel terus mendorong desa untuk memiliki produk unggulan.

Adanya produk unggulan desa (prudes) akan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat, sehingga desa menjadi maju, bahkan menjadi desa mandiri.

“Hari ini kita menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Produk Unggulan Desa yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sehingga mampu menggali dan memaksimalkan produk unggulan desa,”ujar Kepala DPMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah kepada wartawan usai membuka Bimtek Produk Unggulan Desa di salah satu hotel di Jalan H  Djok Mentaya, Rabu (7/6) sore.

Desa yang mampu mengembangkan produk unggulan, imbuhnya, maka perekonomiannya akan terus bergerak dan meningkat.

” Jika satu desa punya satu produk unggulan, berarti Kalsel akan punya 1.864 produk unggulan. Ini akan mempercepat kemajuan potensi Kalsel sesuai visi Bapak Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yakni Kalsel Maju, atau Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan,”bebernya.

Baca Juga: Ketua STIH Sultan Adam, Halim Shahab Arahkan Alumni Beretika, Beradab dan Profesional

Provinsi Kalsel, jelas Faried, memiliki potensi agraris, yakni tanaman pangan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Terkait hal itu, pihaknya selalu berkoordinasi dan memperkuat sinergi dengan dinas teknis, diantaranya dinas tanaman pangan dan hortikultura, dinas perikanan dan sebagainya.

“Melalui sinergi dengan dinas teknis, maka upaya kita akan lebih efektif untuk mempercepat kemajuan desa, terutama untuk mewujudkan desa mandiri, atau minimal desa maju,”ungkap Faried.

Bimtek Prudes Provinsi Kalsel dilaksanakan selama 3 hari yakni 7 Juni hingga 9 Juni 2023. Peserta berjumlah 30 orang, yakni dari DPMD kabupaten, tenaga pendamping desa serta dari DPMD provinsi.

Narasumber 7 orang, diantaranya Kepala DPMD Provinsi Kalsel, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Ekonomi Desa (PED) DPMD Provinsi Kalsel, narasumber dari Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Kalsel, Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Pelaku Usaha yakni Pimpinan PT. Restu Guru serta Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat.

Penulis: Cynthia
Editor : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

Gubernur Kalsel Bangun Kantor Sekretariat SOIna, Kadispora Letakan Batu Pertama

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD