oleh

Donor Plasma Konvalesen, PMI Banjarmasin Gandeng Kepolisian

Banjarmasin, BARITO – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin menggandeng institusi kepolisian Kalimantan Selatan untuk ikut serta donor plasma konvalesen demi membantu pasien Covid-19 memperoleh kesembuhan. “Memang kita menggandeng Polda Kalsel untuk ikut serta donor plasma konvalesen,” ujar Ketua UDD PMI Kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit, Kamis (18/2/2021).

Ia menyebutkan, 100 orang atau lebih yang akan diseleksi dan diperiksa antibodinya, apakah masuk kriteria pendonor plasma konvalesen atau tidak, namun yang sebelumnya positif Covid-19 dan saat ini sudah sembuh, maka diharapkan ikut serta donor plasma konvalesen karena untuk membantu pasien Covid-19 agar sembuh pula. “Ya, umur dari 17 tahun sampai 60 tahun, dan tidak pernah mendapatkan transfusi plasma juga menjadi bagian yang diperiksa,” tandasnya.

Sebelumnya, sambung mantan anggota DPRD Kota Banjarmasin ini, pihaknya juga aktif menjali kerjasama untuk melakukan pemeriksaan dan donor plasma konvalesen bagi instansi PLN dan BRI di daerah ini. “Ya, persediaan darah plasma konvalesen cukup banyak, namun banyak pula permintaan untuk didistribusikan selain di Kalsel, seperti luar provinsi tetangga,” tambahnya.

Metode medis terapi plasma darah konvalesen ini sudah cukup lama digunakan pada pandemi flu Spanyol pada 1918, wabah flu babi, SARS, ebola, serta MERS beberapa tahun lalu. Menurut sejumlah literatur, hal ini juga dinilai cukup efektif untuk menekan angka kasus Covid-19.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed