oleh

Dispora Kalsel-Kosti Peringati Hari Pahlawan

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalsel bersepeda onthel bersama. Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Pahlawan dan Hari Bersepeda Nasional, Sabtu (21/11) pagi.

“Bersama komunitas sepeda yang ada di daerah bersepeda onthel dengan mengunjungi makam pahlawan. Sekaligus mengenang jasa pahlawan bertajuk Gowes Ngonthel Joeang,” ungkap Kadispora Kalsel, H Hermansyah didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel M Nasir, dan Kasi Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono kepada wartawan.

Dalam kegiatan ini, ada yang datang dari Balangan, Barabai, Banjarbaru, Pelaihari, dan Marabahan. “Masing-masing daerah mengirimkan utusan dengan pembatasan jumlah peserta karena masih pandemi Covid-19. Para peserta, juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan menjaga jarak dan menggunakan masker,” sebutnya.

Untuk rute star dimulai di kantor Dispora Kalsel menuju Jalan Pramuka Banjarmasin, diteruskan
Tugu 9 Nopember, Makam Pangeran Antasari dan Tugu Kantor KPKN, kemudian kembali finis di Dispora Kalsel.

Sementara itu, Ketua Kosti Kalsel Ari Hayadi menyebutkan, sangat mengapresiasi Dispora Kalsel dalam memperingati Hari Pahlawan dengan melibatkan sepeda onthel. “Terima kasih dukungan Dispora Kalsel dengan menggalakan sepeda onthel. Sebenarnya kami setiap tahun ke makam pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan secara mandiri,” tuturnya.

Dengan difasilitasi Dispora Kalsel, lanutnya, bagian upaya membudayakan sepeda tua dengan meneruskan semangat perjuangan. “Sekaligus memaknai cinta lingkungan yang bertepatan Hari Pohon Sedunia,” ucapnya yang didampingi Wakil Ketua Kosti Kalsel Noor Ipansyah.

Sampai saat ini, ditambahkanya, anggota sepeda tua atau onthel mencapai tiga ratus yang tergabung dalam klub. “Kosti juga punya induk organisasi internasional. Bahkan kami sering ambil bagian kalau ada even di luar negeri,” terangnya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed