Cari Peserta BPU, Banjarmasin seperti “Mancing di Kolam Ikan”

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin yang baru Murniati.(foto : ist)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin yang baru  Murniati menyatakan banyaknya jumlah penduduk kota seribu sungai ini seperti “Mancing di kolam ikan”.

Hal itu diungkapkannya dalam Monitoring dan Evaluasi Perisai Semester I Tahun 2023, mengingat   masyarakat tenaga kerja sektor informalnya lebih banyak dari kabupaten dan kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (26/5/2023) siang.

Mantan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ini juga tak heran, jumlah agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) lebih banyak. Saat ini terdapat tujuh wadah yang masing-masing di dalamnya minimal ada lima sampai belasan agen, tersebar di Banjarmasin dan sekitarnya.

“Jadi tinggal bagaimana para agen ini mendapatkan peserta Bukan Penerima Upah (BPU) lebih banyak.

Baca Juga: Seluruh Perusahaan di Tanbu Bakal Dikumpulkan Lagi Untuk Genjot PAP

Saya yakin Perisai dalam meningkatkan kinerjanya, tinggal bagaimana caranya tergantung pengetahuan dan semangat serta kerjasama yang baik dengan kelompok masyarakat,” sebut pengganti Bunyamin Najmi ini.


Puluhan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan foto bersama dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin yang baru Murniati, Sabtu (26/5/2023) siang.(foto : ist)

Murniati yang sudah delapan tahun meninggalkan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin ini menambahkan, kelompok masyarakat yang disasar itu yakni, pedagang di pasar dan komunitas lainnya.

Pekerja sektor informal itu lanjutnya, mesti menjadi target, sebab apa yang dilakukan pihaknya waktu di Batulicin.sepeeti itu berhasil merekrut ratusan pedagang di pasar-pasar. Disampingnya itu Ketua Perisai juga mesti saling bantu agar agem dapat lebih banyak merekrut BPU.

Dia mengingatkan agar lebih banyak melaksanakan sosialisasi, terutama saat penyerahan santunan Jaminan Kematian (JKM) maupun Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BP Jamsostek ini masyarakat juga diharapkan ada tabungan atau Jaminan Hari Tua (JHT) karena uang inilah yang diharapkan ada kembali kepada peserta untuk masa depannya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin ini tak hanya berkenalan dengan para perisai, namun juga lebih tehnis masuk ke materi bagaimana memberikan pengetahuan kepada agen. Terutama tanya jawab seputar JKK dan JKM hingga memberikan souvenir kepada agen.

“Kami siap membantu apa saja yang diperlukan perisai, namun demikian para pembina atau AR masing-juga mesti lebih proaktif dalam mensupprot binaannya,” pungkas Murniati yang dikenal ramah ini.

Penulis : Arsuma
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Agar Tak Terjebak Pinjol, Disperdagin dan BNI Gelar Literasi Iklusi Keuangan Untuk IKM

Aruh Ganal Budaya Banjar Digelar, Ribuan Masyarakat Serentak Pakai Laung Kuning

BSC Banjarmasin Kembali Gelar Donor Darah, Yuli Merasakan Manfaat Rutin Menyumbang Darah