Bumdesma di Tapin Raih Juara Nasional

Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar menyerahkan piagam penghargaan kepada BUMDesma Surya Maju Abadi pada Lomba Hari BUMDesa 2023 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (02/02/2023).(foto : ist).

Bintan, BARITOPOST.CO.ID – Membanggakan, Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Surya Maju Abadi di Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin meraih juara tingkat nasional pada Peringatan Hari BUMDesa di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (02/02/2023).

Kategori yang dimenangkan BUMDesma Surya Maju Abadi adalah pada kategori BUMDesma Inspiratif Cepat Tumbuh.

Atas prestasinya tersebut, Bumdesma yang membawahi 8 desa di Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin itu berhak atas uang pembinaan Rp 10 juta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

Dalam hal ini, Bumdesma Surya Maju Abadi berhasil menyisihkan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia pada tingkat seleksi awal, kemudian masuk nominasi dan kini dinobatkan dewan juri nasional sebagai BUMDesma Inspiratif Kategori Cepat Tumbuh.

Baca Juga: BPBD Balangan Aktif Jalankan Program SPAB

Piagam penghargaan dan hadiah diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar kepada para pengelola BUMDesma Surya Maju Abadi pada Puncak Peringatan Hari BUMDesa 2023 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (02/02/2023) malam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan, Faried Fakhmansyah mengungkapkan, kemenangan BUMDesma Surya Maju Abadi menjadi bukti bahwa BUMDesa maupun BUMDesma khususnya di Kalsel mampu menjadi motor penggerak ekonomi desa dan sangat potensial untuk lebih berkembang pesat untuk memajukan desanya.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari pembinaan terus menerus ke desa yang di lakukan oleh PMD provinsi untuk mewujudkan Visi Paman Birin yakni Kalsel Maju dan diharapkan bumdes maju desa maju untuk Kalsel lebih maju,”ujarnya.

Seperti diketahui, Visi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin adalah Kalsel Maju, yakni Kalimantan Selatan Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan.

“Prestasi ini kami apresiasi setinggi-tingginya, untuk lebih memotivasi para kepala desa di Kalsel untuk lebih meoptimalkan pemanfaatan potensi desa nya. Yakni melalui tangan profesional pengurus bumdesa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,”cetusnya lagi.

Baca Juga: Terpidana Lainnya tak Ditahan, Satu Terdakwa Perkara Terminal Minta Penangguhan Penahanan

Seperti diketahui, sejak tahun 2023 ini Kemendes PDTT menyelenggarakan Hari Bumdesa Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Februari.

Pada hari bumdes pertama tahun ini, Kalsel mengikutsertakan  peserta pada 4 lomba tingkat nasional. Salah satu lomba adalah  Bumdesa Bersama Inspiratif diwakili oleh BUMDesma Surya Maju Abadi.

Sementara itu, Pengelola/Direktur BUMDesma Surya Maju Abadi, Eko Purnomo berharap, lembaganya dapat lebih bermanfaat bagi bagi warga Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin.

BUMDesma Surya Maju Abadi yang berdiri pada tanggal 23 Desember 2020 bergerak di bidang usaha Pertashop.

Dengan modal usaha Rp 800 juta, lembaga ini memiliki penghasilan bersih Rp 50 juta dan menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) Rp 6.250.000  per desa dari 8 desa.

Delapan desa tersebut adalah Desa Asam Randah, Desa Bagak, Desa Batu Hapu, Desa Burakai, Desa Hatungun, Desa Kambang Kuning, Desa Matang Batas dan Desa Tarungin.

Penulis: Cynthia

Related posts

HM Tambrin: Layanan Haji Ramah Lansia Dimulai dari Tanah Air

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD

4 comments

Ahli Waris Tenaga Honor Kelurahan Kampung Baru Terima Santunan JKM Kantor Cabang Batulicin Rp42 juta BPJS Ketenagakerjaan - Barito Post Jumat, 3 Februari 2023, 19:20 - 19:20
[…] BACA JUGA: Bumdesma di Tapin Raih Juara Nasional […]
Sinergi BPJAMSOSTEK Banjarmasin Bersama POLRI Untuk Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Desa di Barito Kuala - Barito Post Jumat, 3 Februari 2023, 20:08 - 20:08
[…] Baca Juga: Bumdesma di Tapin Raih Juara Nasional […]
Dapat Restu Paman Birin, HM. Uskiansyah Pastikan Nyaleg di Pemilu 2024 - Barito Post Senin, 6 Februari 2023, 10:26 - 10:26
[…] Baca Juga: Bumdesma di Tapin Raih Juara Nasional […]
Ratusan Peserta Zumba Party Meriahkan HUT ke-15 Gerindra - Barito Post Senin, 6 Februari 2023, 10:31 - 10:31
[…] Baca Juga: Bumdesma di Tapin Raih Juara Nasional […]
Add Comment