Bantu Masyarakat saat Ramadhan, Gatriwara Kalsel Gelar Pasar Murah

Sejumlah stand yang menyajikan beragam produk di pasar murah gelaran Gatriwara Kalsel.(ist)

Banjarmasin, BARITO – Sejumlah tenda dan puluhan meja terlihat tersusun rapi memenuhi halaman belakang di lingkungan Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Sabtu (24l/4/2021).

Tenda dan meja tersebut disiapkan untuk Pasar Murah yang digelar Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) DPRD Kalsel untuk membantu masyarakat mendapatkan produk pangan dengan harga murah.

Pasar Murah tersebut dibuka sejak pukul 09.00 Wita lewat seremoni singkat, yang diikuti puluhan pegiat usaha, mulai dari UMKM hingga ritel besar. Beragam produk pangan dan makanan serta minuman ringan dipajang rapi di atas meja-meja yang ada.

Ditemui usai pembukaan pasar murah, Wakil Ketua Gatriwara DPRD Kalsel Sanita Syaripuddin mengungkapkan kegiatan kali ini sengaja digagas untuk memberikan kemudahan akses bahan pangan dengan harga murah kepada masyarakat.

Sanita menambahkan digelarnya pasar murah ini mengingat pandemi Covid-19 yang terjadi setahun terakhir sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, khususnya dari segi perekonomian dan ditambah selama bulan Ramadhan ada kecenderungan naiknya harga jual bahan pokok di pasaran.

“Ini juga cara kita memperingati Hari Kartini dan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat untuk meringankan beban perekonomian mereka,” tuturnya.

Disebutkannya tak hanya bahan pangan yang dijual namun juga barang-barang lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dipastikannya barang-barang yang dijual di pasar murah masih segar dan masa kedaluwarsanya masih lama, karena langsung diawasi oleh instansi terkait.

Dicontohkannya seperti sayuran yang ada dijual oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, ikan patin segar dari Dinas Kelautan dan Perikanan serta minyak goreng dan tepung terigu dari Dinas Perdagangan.

“Lengkap lah apa yang dijual di pasar murah ini, mulai dari sayur, ikan dan telur juga ada,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel Riduansyah mengapresiasi kegiatan dari Gatriwara yang mengadakan pasar murah di bulan Ramadhan kali ini, yang tujuannya untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah situasi seperti sekarang.

“Kami sangat mengapresiasi dan dengan senang hati memfasilitasi kegiatan ini di halaman Gedung DPRD Kalsel,” ungkap Duan sapaan akrabnya.

Disebutkannya ada 40 UMKM yang turut serta dalam kegiatan pasar murah ini dan rencananya kegiatan pasar murah ini akan jadi kegiatan rutin yang digelar untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka dengan harga yang lebih murah.

Pantauan di lapangan tak hanya sembako yang dijual juga kebutuhan lainnya, seperti vitamin, makanan ringan dan juga kosmetik. Dukungan dari instansi terkait juga terlihat dengan hadirnya beberapa produk unggulan, seperti beras dan gula dari Bulog, ikan segar, sayuran, minyak goreng dan tepung terigu hingga makanan beku dan produk kerajinan tangan. Pasar murah ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan hanya membuka satu jalur masuk dan keluar yang dijaga petugas keamanan setempat yang memeriksa suhu tubuh tiap pengunjung serta pengawasan dari Satpol PP Kalsel juga dimaksimalkan untuk menghindari terjadinya kerumunan pengunjung yang berbelanja.

Penulis : Sopian

Related posts

Caleg Nasdem Terpilih, H Kartoyo Siap Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

DPRD Kalsel Komitmen Hadirkan Pilkada Demokratis dan Berkualitas

Karlie Hanafi : Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Amanah Undang-undang