Bank Kalsel Tutup Fitur Magnetic Stripe, dan Bayar Dana Nasabah 100 Persen Yang Kena Skimming

Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya.

Banjarmasin, BARITO – Bank Kalsel berkomitmen membayar dana nasabah 100 persen. Apabila nasabah terverifikasi dan terbukti yang terkena Skimming. Tak hanya itu, Bank Kalsel mengambil tindakan dengan menutup Fitur Magnetic Stripe untuk mencegah kembali terjadinya Skimming. “Dengan menutup Fitur Magnetic Stripe, uang nasabah Bank Kalsel dijamin aman. Dan jika nasabah terverifikasi dan terbukti terkena Skimming, maka dana nasabah kami ganti 100 persen, hari ini juga,” ujar Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya, dalam keterangannya, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, kejadian itu berawal dari laporan salah satu nasabah yang juga merupakan pegawai Bank Kalsel. “Telah terjadi Fraud Eksternal yang dilakukan terhadap rekening bersangkutan. Yang kami duga menggunakan metode Skimming,” ucapnya.

Ia memastikan, Bank Kalsel sedang melakukan deteksi terhadap Fraud melalui Skimming, walau nasabah belum melaporkannya.

Untuk menghindari dan meminimalisir risiko terjadi hal serupa Bank Kalsel, Ia pun menghimbau, seluruh nasabah untuk mengganti PIN secara berkala. Lalu, sebutnya, menjaga kerahasiaan data. Serta, menggunakan fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) melalui Mobile Banking Aksel by Bank Kalsel.

Atas kejadian itu, sambung mantan Direktur Bank Jateng ini, Bank Kalsel mengambil langkah hukum dalam kaitannya dengan penyelesaian permasalahan skimming ini. “Setelah bukti CCTV kami terima, sebagai barang bukti, langsung kami laporkan ke polisi,” tandasnya.

Atas ketidaknyamanan nasabah ini, papar Hanawijaya, dan jika nasabah mengalami kesulitan dapat menghubungi call center atau cabang Bank Kalsel terdekat. “Kini ada sekitar 30 nasabah yang melaporkan ke Bank Kalsel, dana yang dikuras bervariasi. Ya, mungkin tidak sampai seratus juta total yang diskimming,” tandasnya.

Peristiwa Skimming ini, tambah Hanawijaya, diperkirakan sekitar pukul 01.00 Wita atau lebih, ketika orang sedang tidur. Dan kami tutup Fitur Magnetic Stripe pukul 06.00 Wita pagi tanggal 1 Agustus 2022 ini.

Penulis : Afdi

Related posts

Partalite Masih Tersedia di SPBU, Itu Penugasan Pemerintah

Hiswana Migas Kalsel Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Normal di Banjarmasin

Diproyeksikan Naik 26%, Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi