Banjarmasin Tinggalkan Zona Merah Covid-19

Banjarmasin, BARITO – Zona merah yang tersisa di wilayah Kampung Sungai Miai kini telah berstatus hijau. Dengan itu, Kota Banjarmasin
sudah terbebas dari zona merah dan hanya menyisakan wilayah zona kuning saja.

Menanggapi itu, Plt Wali Kota Banjarmasin Hermansyah mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin telah memberikan apresiasi terhadap kinerja semua pihak, yang telah berhasil membebaskan kota ini dari zona merah.

Baginya, itu merupakan berkat dari kerjasama semua elemen masyarakat yang disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Pemerintah Kota Banjarmasin memberikan apresiasi terhadap kinerja berbagai pihak yang telah membebaskan Kota Banjarmasin dari zona merah,” ucapnya belum lama tadi di Balai Kota Banjarmasin.

Herman melanjutkan, hilangnya zona merah ini memang merupakan target Pemko Banjarmasin dan jeri payah itu kini sudah terwujud meskipun masih ada yang kuning.

“Target Pemerintah Kota Banjarmasin untuk membebaskan zona merah di bulan Nopember 2020 sudah tercapai,” ujarnya.

Ia meminta kepada warga agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan covid-19.

“Warga Kota Banjarmasin kami minta tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19, dengan tetap memakai masker, cuci tangan, serta menjaga jarak,” ucap Hermansyah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, bahwa Kelurahan Sungai Miai sekarang sudah menjadi zona hijau.

Dinyatakannya kawasan Kelurahan Sungai Miai sudah masuk zona hijau, karena berdasarkan pengawasan terhadap 5 orang yang diawasi pihaknya selama 14 hari tidak menunjukkan gelaja.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjarmasin menyatakan Kota Banjarmasin bebas zona merah.
“Sehingga dari 52 kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin saat ini, tidak adalagi yang masuk ke dalam zona merah,” ucapnya.

Machli mengatakan, dari 52 kelurahan untuk kawasan zona hijau meliputi 40 kelurahan, sedangkan 12 kelurahan masuk ke dalam zona kuning.

Meski Kota Banjarmasin sudah terbebas dari zona merah, warga kota ini diminta tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

“Mari kita jaga zona hijau ini, untuk bersama sama disiplin menggunakan masker, disiplin menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan, disiplin menjaga jarak, serta jangan lupa meningkatkan daya tahan tubuh,” pesan Machli.

Dalam kesempatan tersebut, Machli juga mengucapkan terimakasih terhadap seluruh warga Kota Banjarmasin yang telah berdisiplin, TNI, Polri, petugas Satpol PP Kota Banjarmasin, serta Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin telah bersama sama menjaga zona hijau di Kota Banjarmasin.

Penulis: Hamdani

Related posts

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Cegah Radikalisme, BNPT Gelar Smart Indonesia Bersatu Bangsaku