oleh

Bagong Tak Menduga, Penyurutan Air Sungai Sebabkan Tumpahnya Tongkang Minyak

Banjarmasin, BARITO – Namanya musibah memang tak diharapkan setiap orang, begitu juga apa yang dialami Bagong, pemilik tongkang berisikan minyak High Sulphur Fuel Oil (HSFO) atau minyak bakar yang terbalik mencemari Sungai Awang dua hari lalu itu.

Saat ditemui di muara Sungai Awang, Bagong bersama temannya menyatakan bahwa peristiwa terbaliknya minyak itu diluar dugaannya.

Ia tak menduga bahwa fenomena alam pasang surut air laut tidak seperti biasanya yakni terjadi penyurutan sungai hingga dangkal dipermukaan kapal.

Sebelum terbalik, pihaknya sempat berupaya menggeser kapal. Namun air surut begitu cepat yang diluar pada biasanya itu.

Karena surut, otomatis kapal yang berisikan 5 ton minyak menjadi miring dan sebagian tertumpah sekitar 3 ton.

“Ya mas namanya musibah siapa yang inginkan. Tapi kami bertanggungjawab soal ini, mudahan besok sudah bersih,” ucapnya di bantaran sungai sambil mengontrol kapal yang membersihkan minyak, Jumat (13/8).

Sebagai bentuk pertanggungjawabannya itu, ia mengerahkan enam kapal untuk memberisihkan cemaran minyak di Sungai Awang hingga Sungai Martapura.

Caranya dengan menyerap minyak menggunakan eceng gondok dan kasur busa serta pemblokan agar minyak tidak menyebar cepat.

“Kami bertanggungjawab membersihkan minyak yang mencemari dengan eceng gondok. Eceng gondok yang sudah penuh minyak kita angkat dan kita kumpulkan di suatu tempat tidak jauh dari rumah,” tuturnya.

Dalam upaya membersihka minyak itu, juga langsung di pantau oleh DLH Kota Banjarmasin.

Kabid Pengawasan Lingkungan Hidup DLH Kota Banjarmasin, Khuzaimi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan perusahaan pemilik minyak yang tumpah tersebut.

Dan pihak perusahaan bersedia membersihkan minyak tersebut sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

“Saat ini kami mengawasi pembersihan
limbah cair yang mencemari sungai, dengan
metode dipakai oleh pengusaha tersebut
menggunakan kapal,” ucapnya.

Penulis : Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.