ATB Martapura Boyong Piala Paman Birin

Tim ATB menerima Piala Paman Birin usai menjuarai Festival Sepakbola KU-12 yang digelar Dispora Kalsel, Sabtu (3/12/2022) di Lapangan Murjani Banjarbaru. (foto: Tolah/brt)

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.ID – Tim Sepakbola Akademi Talenta Banua (ATB) Martapura sukses memboyong Piala Paman. Keberhasilan tersebut setelah mengalahkan HKSN Banjarmasin (5-1) pada Festival Sepakbola Kelompok Umur (KU)-12 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Sabtu (3/12/2022) di Lapangan Murjani Banjarbaru.

Sejak festival yang dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang kerap disapa Paman Birin ini, tim ATB sudah memperlihatkan dominasinya dengan menang telak. Sampai akhirnya dipartai final, ATB langsung unggul 5-0 yang dihasilkan M Febrianor (2 gol), M Hasan (2 gol), dan Rizky (1 gol). Sedangkan satu gol balasan HKSN dihasilkan Zidan Arkan.

Pelatih ATB Martapura, Pahmiansyah mengatakan, bisa sampai ke babak final dan menjadi juara dikarenakan anak-anak asuhnya bermain enjoy.

“Mereka benar-benar menikmati permainan, serta anak-anak juga berhasil menerapkan apa yang selama ini dipelajari pada saat latihan, intinya mereka bermain enjoy tidak ada beban,” katanya

Seluruh pemain ATB Martapura asli dari daerah setempat semua. “Tim ini sudah kurang lebih ada selama 3 tahun. Mereka semua sudah bersama sejak awal. Tidak ada perubahan pemain dari awal sampai sekarang,” ujarnya.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022, Hasil Lengkap Tadi Malam

Penyerahan piala dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono dan didampingi Kadispora Kalsel Hermansyah diwakili oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Budiono.

Dikesempatannya, Budiono bersyukur atas suksesnya pelaksanaan Festival Sepak Bola U-12 Paman Birin Cup Tahun 2022.
“Alhamdulillah, telah selesai melaksanakan Festival Sepak Bola U-12 Paman Birin Cup. Ada juara satu sampai delapan,” kata Budiono.

Menurutnya, festival sepakbola U-12 ini sebagai wadah untuk menghasilkan bibit-bibit pesepak bola Banua yang nantinya akan memperkuat tim Kalsel kedepannya.

“Ini bukti nyata Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel untuk mengembangkan sepakbola sejak usia muda melalui even tersebut,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya even seperti ini akan terus dilanjutkan dengan harapan talenta muda sepakbola Kalsel bisa ikut di ajang tingkat lokal maupun nasional.

BACA JUGA: Tim Sepakbola Banjarmasin Lolos Runner Up Perempatfinal Porprov XI Kalsel 2022

“Nanti harapannya even ini dapat dilaksanakan oleh kabupaten/kota untuk memperkuat tim nya ditingkat Provinsi,” ungkapnya.

Penulis: Tolah

Related posts

Nonbar Dispora Kalsel Masih Lanjut, Support Timnas U-23 di Piala Asia 2024

AFP Kalsel Gelar Liga Nusantara, Sebanyak 10 Tim Ambil Bagian

Dua Tim Ridho Ilahi Tercepat, Lomba Dayung Tradisional Piala Paman Birin di Tabunganen 2024

1 comment

Plt. Kepala Disparpora Tutup Exhibition Layang-layang - Barito Post Senin, 5 Desember 2022, 16:55 - 16:55
[…] Meriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Muhammad Yani Helmi... Gibol Nobar Seru di G-Five ATB Martapura Boyong Piala Paman Birin Dinihari, Tukang Sapu di Banjarmasin Tewas Ditabrak Mobil 125 Wisudawan STIA Bina Banua […]
Add Comment