Api Amuk ‘Kampung Arab’ Siang Bolong, Satu Rumah Hangus

by baritopost.co.id
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Siang hari bolong warga Jalan Antasan Kecil Barat (AKB) Kelurahan Pasar Lama Banjarmasin Tengah digegerkan dengan musibah kebakaran di samping Rumah Sakit (RS) Islam atau Gang Ibu RT 31 No 62, Minggu (2/10/2022) sekitar pukul 11.30 Wita.

Rumah yang terbakar merupakan pemukiman padat penduduk di kawasan yang dikenal Kampung Arab tersebut. Sebanyak satu bangunan terbakar milik Hj Kartina Sukma Wati (69) yang dihuni tiga Kepala Keluarga (KK) atau.sembilan jiwa. Api segera dikepung oleh relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berdatangan silih berganti.

BACA JUGA: Sehari, Tiga Kebakaran Landa Banjarbaru dan Kabupaten Banjar

Sekitar 30 menit atau setengah jam kemudian si jago merah berhasil dikuasai pihak Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di kawasan Banjarmasin Tengah.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Budi Setiawan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Kapolsek Banjarmasin Tengah Kompol Dodi Harianto melaluibl Kanit Reskrim Iptu Gusti Ngurah Utama Putra mengatakan satu rumah terbakar itu pada bagian atap yang terbuat sebagian dari kayu.
Selain Hj Kartinah, juga di rumah itu dihuni kakaknya Maria Iwanah (73) dan Dias Mutiara (47) anaknya.

BACA JUGA: Sebelum sempat Berkobar Besar, Kebakaran di Alalak Selatan Dipadamkan Warga

Dari keterangan saksi bernama Rizky Angga Saputra ((29) yang saat itu berada di kamar lantai 2, tiba-tiba lisrik mati. Lalu ia keluar kamar melihat kamar di sebelahnya sudah berasap tebal.

Saksi selanjutnya turun ke bawah untuk mengambil air, namun api cepat membesar dan merambat pada bagian lainnya. Api dengan cepat menghanguskan rumah yang menyisakan bagian depan saja.

“Asal api diduga dari Arus Pendek atau konsleting listrik pada rumah tersebut, dan kerugian diperkirakan Rp100Juta,”pungkas Iptu I Gusti.

Penulis: Arsuma
Editor: Mercurius

You may also like

Leave a Comment