Analisis Jabatan Untuk Optimalkan Tugas dan Fungsi ASN

Bupati HST H Aulia Oktafiandi membuka Sosialisasi Penyusunan Analisis Jabatan.(foto : yufanata/brt)

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi membuka Sosialisasi Analisis jabatan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Nomor 1 Tahun 2020, Selasa (5/7/2023).

Bupati Aulia mengungkapkan kebijakan pemerintah pusat yang dituangkan melalui Peraturan Menteri PAN RB Nomor 1 Tahun 2020 merupakan hal yang penting untuk dipelajari bersama.

“Analisis jabatan memiliki peranan sangat penting dalam mengoptimalkan fungsi dan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN), analisis jabatan membantu menciptakan kejelasan, kesesuaian dan efesiensi dalam tugas dan tanggung jawab ASN,” jelasnya.

Bupati Aulia mengatakan dengan pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab ASN, tentu ke depan dapat bekerja dengan lebih efektif untuk mencapai tujuan organisasi dan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat.

Baca Juga: FAI Kalsel Kekuatan Penuh, Andalkan Empat Nomor Fornas

“Selanjutnya analisis jabatan dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam pengembangan karier pegawai, peningkatan efesiensi organisasi dan pemberdayaan aparatur ditingkat daerah,” lanjutnya.

Bupati menyambut baik kegiatan ini sebagai momentum perbaikan dan penyesuaian dalam penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang harus mengacu pada instrument yang sudah ditetapkan dalam peraturan menteri maupun kepala daerah.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat baik dan benar-benar menjadi upaya positif bagi masyarakat menuju Hulu Sungai Tengah yang lebih makmur, unggul dan dinamis,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten HST, M Afni Hidayat selaku penyelenggara menyampaikan maksud sosialisasi untuk mengetahui dan memahami tata cara penyusunan dokumen analisis jabatan.

“Peserta adalah pejabat yang menangani kepegawaian pada perangkat daerah atau unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah berjumlah 82 orang,” pungkasnya.

Penulis : Yufanata/magang
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Bupati HST Bersama ASN Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pasar Karamat Barabai

Pemkab HST Gelar Lomba Masak, Kampanyekan Berbagai Olahan Ikan

Terus Tingkatkan Kreatifitas dan Daya Saing Pengusaha Lokal, Ketua Dekranasda HST Giatkan Pembinaan ke IKM Mujisela