oleh

Aktifkan kembali Mobil Samsat Keliling, Tingkatkan Animo Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan

Banjarmasin, BARITO – Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Banjarmasin 1 telah mengaktifkan kembali pelayanan mobil samsat keliling (samkel) untuk meningkatkan pendapatan daerah, khususnya dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Fasilitas layanan mobil samkel itu sudah enam bulan berjalan diaktifkan kembali di wilayah yang menjadi kewenangan Kantor UPPD Samsat 1 Banjarmasin, yakni di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat.

Karena kondisi masih pandemi Covid-19, maka layanan mobil samkel itu dengan penerapan protokol kesehatan ketat, yang harus dipatuhi oleh para wajib pajak saat membayar pajak kendaraan bermotornya.

Kepada wartawan di Banjarmasin, Kepala UPPD Samsat Banjarmasin 1 Hj Anni Hanisyah mengatakan pengaktifan kembali layanan mobil samsat keliling itu dengan mematuhi protokol kesehatan ketat karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

“Layanan mobil samsat keliling aktif kembali, fasilitas layanan itu kami tempatkan di dua kecamatan, yakni Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Timur,” sebut Anni Hanisyah, Senin (2/8/2021).

Dijelaskannya meski masih pandemi Covid-19, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat wajib pajak, karena itu tetap berhati-hati serta mematuhi protokol kesehatan.

Alasan kembali mengaktifkan layanan mobil samsat keliling, menurut Anni Hanisyah, karena pihaknya menilai layanan mobil samsat keliling lebih mempermudah masyarakat memanfaatkan fasilitas itu untuk membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Layanan mobil samsat keliling itu dapat meningkatkan pendapatan daerah, tapi kita juga harus berkoordinasi dengan kepolisian untuk perizinan,” terangnya.

Ditambahkannya layanan mobil samsat keliling itu sudah berjalan sekitar enam bulan, kendati saat pandemi Covid-19 pendapatan daerah mengalami penurunan, namun dari jumlah wajib pajak yang memanfaatkan fasilitas layanan ini mengalami peningkatan.

“Animo wajib pajak meningkat, per hari antara 40 sampai 80 berkas yang masuk,” ungkapnya.

Karena ada peningkatan jumlah wajib pajak, yang memanfaatkan fasilitas layanan tersebut, Anni Hanisyah berharap nantinya ada penambahan mobil samsat keliling, yang akan ditempatkan di wilayah perbatasan km6 Banjarmasin dan Sungai Gardu Veteran.

“Dua wilayah itu potensi pajaknya disinyalir dapat meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.

Anni Hanisyah menegaskan dengan memaksimalkan fasilitas layanan mobil samsat keliling tersebut, maka diharapkan lebih mendekatkan masyarakat selaku wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor demi meningkatkan pendapatan daerah.

Penulis : Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed