2021, Kualitas Lingkungan Hidup Kalsel Ada Peningkatan

by admin
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Provinsi Kalimantan Selatan di tahun 2021 ini mengalami peningkatan pada kualitas lingkungan hidup pada angka lebih dari 70,90 persen.

Adanya peningkatan itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel Hanifah Dwi Nirwana kepada wartawan di Banjarmasin, Senin (27/12/2021).

Hanifah Dwi Nirwana menyatakan kualitas lingkungan hidup tersebut lebih baik dari tahun 2020 kemarin pada angka 68,43 persen.

“Kita ukur melalui indeks kualitas lingkungan hidup untuk tahun 2021, Alhamdulillah sudah mengalami peningkatan lagi,” bebernya.

Dikatakannya pencapaian tersebut diperoleh berkat upaya bersama, karena memang pekerjaan lingkungan hidup tidak bisa hanya dikerjakan sendiri, tapi melalui lintas sektor lintas wilayah untuk bisa membangun dan pencegahan terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup di Kalsel.

Hanifah mengungkapkan salah satu fokus Dinas Lingkungan Hidup Kalsel yaitu melakukan pengendalian pencemaran dan perusakan di sungai Martapura.

“Misalnya pengawasan pembinaan, kemudian bagaimana kita menjaga instrumen lingkungan,” sebutnya.

Hanifah menjelaskan untuk mengetahui indeks lingkungan hidup yang baik diantaranya mengetahui kualitas air.

“Kualitas air itu rutin tiga kali satu tahun dilakukan pemeriksaan dibeberapa titik pantau,” ucapnya.

Lanjutnya pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap indeks kualitas udara serta indeks kualitas tutupan lahan.

Disebutkannya saat ini indeks tutupan lahan dapat dilihat secara langsung maupun melalui satelit serta indeks kualitas air laut, tentunya semua hal tersebut disajikan dengan data yang akurat.

Penulis : Sopian

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment