PDAM : Pipa Tua Penyebab Pipa PDAM Kerap Bocor

Banjarmasin, BARITO – PDAM Bandarmasih sudah berulang kali melakukan perbaikan dan rehab perpipaan, namun juga kembali lagi ada yang bocor dan membutuhkan perawatan.

Menanggapi itu, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian mengatakan, itu terjadi karena kondisi usia pipa distribusi, dimana usia pipa tersebut telah mencapai 25 tahun lebih.

Supian mengaku, faktor usia pipa tersebutlah yang menjadi permasalahan. Dalam catatannya, sedikitnya telah ada belasan kali pipa tua mengalami gangguan.

Dalam waktu dekat ini juga, pihaknya akan kembali melakukan rehab pipa distribusi Primer PVC berdiameter 630 mm di Jalan A Yani simpang tiga Jalan Kuripan. Sebabnya karena usia pipa itu sendiri.

Adapun rehab dijadwalkan mulai Selasa dan Rabu depan atau lima hari lagi. Sementara itu, wilayah yang berdampak akan terjadi menyeluruh di Banjarmasin Barat. Kemudian wilayah Banjarmasin Tengah juga terdampak namun hanya sebagian.

“Itu karena usia pipa yang sudah tua yang berusia sekitar 25 tahunan. Pipa tua ini bertahap akan dilakukan pergantian, namun sementara ini hanya dilakukan perawatan berhubung anggaran minim,” katanya.

Supian melanjutkan, soal pipa tua milik PDAM Bandarmasih diperkirakannya ada sepanjang 1000 meter yang terdiri dari berbagai sambungan. Pipa tua itu ada di Jalan A Yani menuju ke Jembatan Dewi, kemudian menyambung ke arah Masjid Sabilal Muhtadin hingga boster S Parman.

“Alasan pipa tua tersebut lah yang menjadi langganan kebocoran. Mudahan ini secepatnya dalam kurun waktu tidak lama lagi, pipa tua segera diperbaharui,” bebernya.

Kemudian, sambung Supian, soal perbaikan pipa nanti, mulai Selasa malam sekitar pukul 22.00 distribusi akan distop hingga 4 jam.

Untuk itu, dalam mengurangi dampak dan membantu kelancaran dalam kegiatan sehari hari selama proyeksi tersebut, dan sekaligus permintaan maaf kepada pelanggannya, PDAM Bandarmasih memberi solusi melalui mobil tangki yang disediakan untuk menyuplai air bersih ke rumah pelanggan

“Untuk pelayanan mobil tanki keliling, pelanggan bisa menghubungi petugas kami di nomer 081255763905 atas nama Syahril atau 085348487370 atas nama Rahman. Suplai air ini digratiskan, dan mudahan hal ini bisa dimaklumi,” tutupnya. hamdani

Related posts

Banjarmasin Jadi Calon Kota Terinovatif

Pelantikan KB PII Kalsel Usung Tema Kolaborasi Kepemimpinan Membangun Banua

Kosgoro Kalsel Perjuangkan Target Golkar 65 Persen Menang di Pilkada