Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Bagikan Sembako ke Pekerja

FOTO BERSAMA - BPJS Ketenagakerjaan Batulicin bagikan sembako ke pekerja di peringatan May Day 2024, Kamis (2/5/2024).(foto : ist)

Advertorial

Batulicin, BARITOPOST.CO.ID – Memeringati Hari Buruh 2024, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin memberikan bantuan sebanyak 90 paket sembako yang dibagikan kepada pekerja di berbagai sektor. Sembako diberikan secara langsung kepada para buruh di Aula pertemuan Kantor Desa Kersik Putih, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (2/5/2024).

Mengusung tema “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten”.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin, Vina Dwina Yuskin mengatakan kegiatan peringatan hari buruh ini merupakan kegiatan yang rutin. Pihaknya melakukan setiap tahun, momentum ini digunakan untuk mendekatkan hubungan industrial dengan seluruh lapisan pekerja, seperti dalam kesempatan kali ini yaitu para pekerja buruh agar tercipta suasana harmonis.

“Kegiatan hari ini kita lakukan untuk memberikan pengalaman yang positif serta tambahan manfaat secara langsung terlepas dari manfaat program kepada tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami berharap kegiatan ini dapat membantu tidak hanya pekerja namun beserta keluarganya,” kata Vina.

Diakui Vina kepesertaan masyarakat pekerja di Kabupaten Tanah Bumbu, baik yang formal (perusahaan) maupun informal (mandiri) yang telah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan sampai saat ini masih rendah.

Ia berharap semua unsur pemberi kerja dan pekerja sadar akan pentingnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk masyarakat pekerja formal seperti pekerja badan usaha terdaftar 84.856 pekerja formal yang ada di Kabupaten Batulicin, sedangkan pekerja informal seperti petani, pengemudi, tukang ojek, nelayan terdaftar total sebanyak 32.685 pekerja informal yang ada di Kabupaten Tanbu,” jelasnya.

Selain itu pada kegiatan tersebut juga disampaikan manfaat 5 program jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP). Termasuk programJaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang diikuti secara antusias  oleh para buruh yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin, Vina Dwina Yuskin menambahkan, peringatan hari buruh kali ini mengambil tema yang sangat relevan, yaitu “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten”. Tema ini menekankan betapa pentingnya kerjasama dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan para pekerja dan buruh di Kabupaten Tanah Bumbu. Karena dalam dunia yang semakin kompleks dan kompetitif, memiliki keterampilan yang kompeten dan relevan dengan tuntutan pasar merupakan suatu keharusan.

“Bekerja dengan baik dan profesional tidak lagi menjadi pilihan, tetapi menjadi kewajiban. Oleh karena itu para pekerja dan buruh harus mengembangkan diri mereka secara terus-menerus agar dapat menjawab tantangan yang ada di era modern ini. Mari kita semua untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan keterampilan kita dalam mewujudkan pekerja/buruh yang kompeten,” tutup Vina.

 

Penulis : Advertorial/Arsuma
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Paman Yani Respon Keluhan Warga Kelurahan Batulicin Terkait Abrasi Jalan

Simbolis Penyerahan Kartu Peserta BPJamsostek kepada 133 Atlet Kontingen Pelajar Popda Kalsel 2024

BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Sosialisasikan Manfaat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Ratusan Siswa SMK Al-Hidayah Batulicin