oleh

Penanggulangan Banjir di HSU Diperlukan Koordinasi Antar Pemerintah Kabupaten

Amuntai, BARITO – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melalui Komisi I membidangi pemerintahan dan hukum menyoroti banjir yang hampir tiap tahun melanda Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Karena itu Komisi I melakukan kunjungan kerja ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara, Senin (11/1/2021).

Kunker tersebut dalam rangka monitoring kesiapan dalam menghadapi musibah banjir.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel H Syahdillah mengatakan perlunya koordinasi antar pemerintah kabupaten dalam menanggulangi permasalahan banjir tersebut.

Menurutnya di wilayah Kabupaten HSU terdapat pertemuan antara dua sungai besar yaitu sungai yang berada di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan, sehingga walaupun curah hujan rendah di Kabupaten HSU akan tetapi jika tingkat ketinggian air sungai di dua kabupaten tersebut maka akan berpengaruh juga pada wilayah Kabupten HSU.

“Sebagaimana kita tahu wilayah HSU merupakan pertemuan dua sungai besar di Tabalong dan Balangan, sehingga juga berpengaruh terhadap ketinggian air di HSU, untuk itu perlu adanya koordinasi antar tiga pemerintah daerah tersebut, untuk itu kita akan mendorong pemerintah provinsi melalui BPBD Kalsel untuk bersama-sama menyelesaikan hal tersebut,” bebernya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten HSU Drs Sugeng Riyadi yang menerima kunjungan mengungkapkan untuk di Kabupaten Hulu Sungai Utara dilihat dari pola tahun-tahun sebelumnya, minimal ada dua kali pertahun dilanda banjir, yang mana ancamannya sampai akhir bulan Februari.

“Belajar dari tahun-tahun yang lalu ancamannya sampai akhir Februari,” ungkapnya.

 

Rilis/Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed