Paman Birin Jadi Tamu Kehormatan  di Event Budaya Internasional

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama Menteri Luar Negeri   Retno Marsudi pada event internasional GastroNesia Mini Potluck Festival 2018, di Indonesian Gastronomy Association (IGA) 2018, Kamis (25/10). (foto ist/brt)

Banjarmasin, BARITO – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menjadi salah satu tamu kehormatan pada event internasional GastroNesia Mini Potluck Festival 2018, di Indonesian Gastronomy Association (IGA) 2018, Kamis (25/10).

Melalui rilis yang disampaikan Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Gubernur menyatakan rasa terkesan dan bangga dengan keragaman budaya.

“Sungguh luar biasa  anugerah keragaman budaya kuliner nusantara dan menu khas beberapa negara  yang dipamerkan. Festival internasional ini menjadi perekat hubungan diplomatik antarnegara dan promosi budaya,” terangnya di sela  mendampingi Menlu Retno Marsudi meninjau stand keragaman menu Nusantara.

Menurut gubernur, kegiatan ini penting sebagai upaya mengenalkan Indonesia, terlebih keragaman budaya khususnya keragaman kuliner  nasional kepada para duta besar.

“Bagi Kalimantan Selatan sendiri memandang event ini sangat strategis dan benilai historis dalam kerangka membina hubungan  dengan  seluruh peserta dan tamu undangan,” terangnya lagi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsidi mengapresiasi atas terselenggaranya event budaya budaya menu internasional. Dikatakan Retno, diselengarakan GastroNesia Mini PotLuck Festival dan kegiatan seminar nasional  adalah media strategis mengenalkan keragaman budaya Indonesia, terutama kuliner nusantara.

Kegiatan ini ujarnya merupakan bagian untuk mengokohkan  sinergitas dan kemitraan antar negara dan tamu undangan. Menurutnya, diplomasi penguatkan hubungan antarnegara juga bisa dilakukan dengan cara edukasi dan pengenalan budaya, termasuk pameran menu seni khas nasional.

Indonesian Gastronomy Association (IGA) adalah perkumpulan yang dibentuk dengan tujuan untuk mengangkat, mengembangkan, melestarikan dan mendekonstruksi seni. Seni itu meliputi antara lain seni  memasak berbagai suku kepulauan Nusantara yang ada di Indonesia serta etnik pendatang.  Baik tradisional, akulturasii dari warisan yang ada maupun modifikasi akibat localized global cuisine.

Ketua Panitia Pamungkas Trishadiatmoko menyampaikan penyelenggaraan acara dimaksudkan untuk sinkronisasi pemahaman terhadap gastronomi di antara kalangan masyarakat dan pemangku kebijakan di bidang Gastronomi di Indonesia.

Pamungkas Trishadiatmoko menjelaskan ada beberapa target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini, antara lain kedepannya Gastronomi Indonesia diharapkan mampu menjadi referensi dalam meningkatkan branding power equity Indonesia.

Pamungkas Trishadiatmoko menjelaskan ada beberapa target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini, antara lain kedepannya Gastronomi Indonesia diharapkan mampu menjadi referensi dalam meningkatkan branding power equity Indonesia.

Kemudian Gastronomi Indonesia juga diharapkan mampu menjadi mesin penggerak dalam meningkatkan ratio entrepreneurshipIndonesia, serta menjadi prestise dari diplomasi Indonesia di mata dunia melalui Gastronomy Diplomacy & Culinary Diplomacy.  ril/slm

Related posts

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD

Komisi III DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Angkutan Perkotaan Di Bali dan Inginkan Kereta Api Di Banua

Komisi II DPRD Kalsel Pererat Hubungan Kerja Sama Dengan Disperindag Jatim