Geger, Gempa 3,2 Magnitudo Guncangkan HST

Ilustrasi Mesin pendeteksi gempa.(foto : ist)

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Gempa berkekuatan 3,2 Magnitudo guncang Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Ahad (18/2/2024).
Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episentrum gempa berada di titik koordinat 2.78 LS–115.69 BT. Sekitar 26 km tenggara HST dengan kedalaman 10 kilometer.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, Pandy menjelaskan, gempa yang mengguncang di HST pada Minggu 18 Februari, potensi yang terdampak yaitu Desa Juhu dan Anak Desa Haraan.

“Sementara ini masih belum ada laporan warga yang terdampak gempa, yang masuk ke BPBD, sementara itu pihal kami juga masih belum bisa melakukan konfirmasi dikarenakan di desa sana tidak ada jaringan,” kata Pandy.

Baca juga: Kalsel Siap Jadi Pilot Project  Program 10.000 Perpustakaan Desa

Masih yang sama Pandy juga mengatakan pihaknya akan melakukan konfirmasi kepada desa yang terdampak gempa.

Pada sebelumnya, gempa dengan kekuatan 4,8 magnitudo telah mengguncang di Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa 13 Februari 2024. Pusat titik gempa berada diadarat, 19 KM arah Timur Laut Banjar, pada kedalaman 10 KM dan telah mengguncang beberapa kota, Banjarmasin, Tapin, Pulang Pisau, Marabahan, Sampit dan Kota Palangkaraya.

Dampak dari guncangan gempa beberapa rumah mengalami retak pada dinding dan tembok rumah pada kecematan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

 

Penulis : Yufanata Tuapatinaya
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

 

Related posts

Dinas PUPR HST Sebut Konsep Pembangunan Ramah Lingkungan, Taman MTQ Siap Dilakukan Peremajaan

Masyarakat Paya Besar Keluhkan Jalan Rusak Parah Tidak Diperbaiki

Bupati Aulia Lepas Ratusan Atlet POPDA Tingkat Provinsi Kalsel 2024