Cegah Covid-19, Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan

Pelayanan para agen pemegang merek mobil seperti Daihatsu, turut menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat dalam memberikan pelayanan purna jual, servis, dan perawatan rutin kendaraan demi mencegah penularan virus di masyarakat.  (foto ist/brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Anjuran Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat dan dunia usaha tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan, disambut positif, termasuk pelaku usaha sektor otomotif.

Para agen pemegang merek (APM) mobil seperti Daihatsu, berupaya mencari cara untuk bertahan dalam kondisi sekarang seperti meningkatkan layanan purna jual, servis, dan perawatan rutin kendaraan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 ketat.

After Sales Service Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Lili Herman melalui rilis yang disampakan, Selasa (14/7) menyebut, cara itu dilakukan agar konsumen tetap aman dan nyaman.

Disebutkan, petugas front liner selain dilengkapi face shield dan masker untuk mencegah droplet, juga memakai sarung tangan untuk menghindari kontak fisik langsung dan memakai “Pin Saya Sehat ” untuk menunjukkan petugas dalam kondisi sehat saat menjalankan tugas.

Semua pengunjung pun diperiksa suhu tubuh, mencuci tangan dengan air dan sabun  atau hand sanitezer di pintu masuk, penerapan physical distancing pada area konsumen, tidak berjabat tangan, dan menyarankan transaksi nontunai. Jika pun dengan transaksi tunai, menerima dan menyimpan uang dalam wadah tertutup.

Tak hanya itu lanut Lili, setelah servis, mobil disemprot disinfektan pada bagian yang sering disentuh seperti handle pintu, switch power window, roda kemudi, tombol-tombol elektrik, dan rem tangan yang dilakukan di depan konsumen.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di Daihatsu Mobile Service (DMS) yang mendatangi tempat konsumen. Mekanik yang datang menggunakan alat pelindung diri (APD), menggunakan masker, sarung tangan, menyiapkan sabun dan hand sanitizer di mobil, tempat sampah, dan pencucian rutin perkakas dan kendaraan.

Unit mobil DMS disterilisasi dan diberi label “Sudah Disemprot Disinfektan.” Sedangkan, di bagian dada petugasnya tertulis suhu tubuh yang bersangkutan, yang diperiksa sebelum berangkat ke tempat konsumen.

Lebih lanjut disebutkan, ada beberapa paket menarik seperti pemberian oli gratis 1 liter, diskon jasa servis hingga 20 %, diskon suku cadang 5%, juga paket tune up murah hanya Rp 110.000. Paket diskon itu akan dilanjutkan hingga Agustus 2020 dengan Program Diskon Merdeka, diskon suku cadang 8%, jasa servis 17%, dan diskon Oli Go 20%.

Lili mengatakan, hingga akhir Juni 2020, jumlah unit mobil yang diservis mendekati angka normal. Jika pada periode Januari-Juni 2019 jumlah mobil yang diservis sebanyak 636.862 unit maka pada periode Januari-Juni 2020 telah mencapai 495.244 unit atau minus 22,2% dari periode year to date (YTD) tahun lalu.

Daihatsu ujarnya, masih menempati posisi kedua penjualan otomotif nasonal. Penjualan ritel Daihatsu sepanjang Januari-Juni 2020 mencapai 53.577 unit atau turun 39% dari tahun lalu. Namun, performa Daihatsu ini lebih baik ketimbang penurunan pasar nasional, sehingga market share atau pangsa pasar Daihatsu naik sebesar 0,8% dari 17,6% YTD Juni 2019, menjadi 18,4% YTD Juni 2020.

Rilis/Salman

Related posts

Gelar Musda II dan Pelantikan IVENDO Kalsel, Pemprov: Kembangkan Pariwisata di Banua

Dukung Digital Display untuk Kebutuhan Bisnis dan Dunia Pendidikan, LG Raih TKDN

Sepanjang Perayaan Idul Fitri, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 17%