BPJS Ketenagakerjaan Kotabaru Sosialisasikan Manfaat Program kepada Aparatur Desa di Kecamatan Pulau Laut Timur

MANFAAT BPJAMSOSTEK - Aparatur Desa di Kecamatan Pulau Laut Timur saat menyimak secara antusias manfaat atau program yang disosialisasikan oleh BPJS Ketenagakerjaan atau (BPJamsostek) Cabang Pulau Laut Kotabaru, Jumat (26/4/2024).(foto : ist)

Advertorial

Kotabaru,  BARITOPOST.CO.ID – BPJS Ketenagakerjaan atau (BPJamsostek) Cabang Pulau Laut Kotabaru melakukan Sosialisasi Manfaat Program kepada Aparatur Desa di Kecamatan Pulau Laut Timur, Jumat (26/4/2024).

Sosialisasi dibuka oleh Kasi PPMD Kecamatan Pulau Laut Timur, Arshad Riady mewakili camat yang berhalangan hadir.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara langsung di aula kantor kecamatan setempat yang dihadiri oleh kepala desa, sekretaris desa dan aparatur desa yang mewakili masing-masing desa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pulau Laut Kotabaru, Wisnu Wardhana menyampaikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh peserta bersama Tim BPJamsostek, ia sekaligus menyampaikan teknis penggunaan SIPP beserta penyampaian ekosistem 100 tenaga kerja rentan satu desa.

Wisnu menyampaikan teknis penggunaan SIPP dikarenakan masih banyak aparatur desa di Kabupaten Kotabaru yang masih belum memahami cara penggunaannya sehingga seringkali menyebabkan adanya keterlambatan pembayaran iuran.

Ia berharap dengan adanya penyampaian teknis penggunaan SIPP, aparatur desa sebagai PIC BPJS Ketenagakerjaan bisa secara mandiri mengatur elemen tenagakerja yang ada di desanya. Karena hal itu guna membuat kode pembayaran iuran secara kolektif.

Teknis penggunaan SIPP sangat penting untuk diketahui oleh PIC Perusahaan, seperti HRD atau jika di desa PIC, yaitu biasanya sekretaris desa.

“Jadi jika PIC sudah handal menggunakan SIPP, maka urusan administrasi BPJS sangatlah mudah. PIC menambahkan atau mengeluarkan tenaga kerja. PIC juga bisa mengubah upah yang dilaporkan dan lainnya,” terang  Wisnu.

Sementara Kasi PPMD Kecamatan Pulau Laut Timur, Arshad Riady menambahkan, sosialisasi ini merupakan salah satu bukti nyata komitmen dan keseriusan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan. Terutama dalam memberikan jaminan sosial kepada masyarakat di berbagai sektor, baik pekerja formal maupun pekerja informal, seperti khususnya aparatur desa.

Acara sosialisi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan perlindungan jaminan sosial kepada aparatur desa dan warganya yang merupakan pekerja rentan. BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya dalam perlindungan ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin, Vina Dwina Yuskin menambahkan, Website SIPP tersebut diberikan guna memberikan pelayanan terbaik ke peserta agar perusahaan atau instansi yang sudah menjadi peserta tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke kantor melakukan perubahan data. Cukup dengan mengaksesnya di meja kerja masing-masing di setiap perusahaan, dengan catatan harus didukung dengan jaringan internet. Untuk diperlukan partisipasi aktif mereka dalam memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini para kepala desa, sekretaris desa dan aparatur desa yang mewakili masing-masing desa mengerti hak-hak mereka.  Karena manfaatnya yang sangat besar, sehingga bisa bekerja dengan tenang tanpa harus merasa cemas akan kesejahteraannya di masa purna tugas,” tutup Vina.

 

Penulis : Advertorial/Arsuma
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Kuartal 1 Tahun 2024 Penjualan Semen Domestik Indocement Capai 4,5 Juta Ton

Seksi Propam Dan Seksi Dokkes Polres Kotabaru Lakukan Tes Urine

BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Sosialisasikan Manfaat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Ratusan Siswa SMK Al-Hidayah Batulicin