Agrowisata Pulau Panci Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Kotabaru, BARITO – Setelah sukses mengembangkan objek wisata Goa Lowo di Kecamatan Kelumpang Hilir, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun, Kabupaten Kotabaru, kembali mengangkat destinasi baru, yaitu Pulpan (Pulau Panci) Agrowisata Lestari, yang sekarang dalam tahap pengembangan.

Destinasi wisata yang masih berlokasi di Kecamatan Kelumpang Hilir ini digadang mampu menarik banyak pengunjung, yang berujung meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu bantuan yang disalurkan Indocement, adalah bibit pohon buah mangga, durian dan jeruk nipis yang nantinya  ditanam di kawasan agrowisata tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Desa Pulau Panci menyampaikan apresiasi kepada Indocement yang memberikan bantuan bibit buah yang pastinya sangat bermanfaat,” kata Kepala Desa Pulau Panci, Saiansyah.

Dia mengakui, dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang tentunya secara tidak langsung akan memberikan efek bagi produksi semen. ‘’Namun, yang pasti semoga Indocement terus kokoh dan  memberikan bantuannya kepada masyarakat,” harapnya.

Salah satu masyarakat Desa Pulau Panci, Raudhatul Jannah, menilai, bantuan Indocement sangat bermanfaat, utamanya untuk pengembangan kawasan agrowisata yang dibangun. ‘’Apalagi, tanaman buah tentunya sesuai dengan apa yang diharapkan. Mudah-mudahan hal ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat secara luas,” ujarnya.

Manajemen Indocement Tarjun, Teguh Iman Basoeki, mengatakan, dengan dibuka destinasi agrowisata baru hal menjadi barometer bagi peningkatan sumber daya manusia yang mandiri. ‘’Dan, itu terbukti dengan inovasi yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Pulau Panci. Perusahaan tentu akan mensupport untuk pengembangannya,’’ katanya.

“Saat ada masyarakat yang berupaya dengan baik, melakukan inovasi baru untuk pengembangan dan peningkatan SDM mereka, pastinya kita akan support. Apalagi Desa Pulau Panci termasuk dari sekian banyak desa mitra Indocement,” imbuh Teguh.

Walaupun baru di tahap awal, kawasan wisata baru tersebut juga secara tidak langsung mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam peningkatan sektor pariwisata.ril

Related posts

Dukung Digital Display untuk Kebutuhan Bisnis dan Dunia Pendidikan, LG Raih TKDN

Sepanjang Perayaan Idul Fitri, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 17%

Stok Pertalite Masih Aman di Kalsel