Pemkab Kotabaru Gelar Bimtek SP4N

Kotabaru, BARITOPOST.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) belum lama tadi.

Bimtek dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Kotabaru, Slamet Riyadi, S.Pd., M.Ed., mewakili Sekretaris Daerah. Hadir pula Plt. Kepala BKPSDM Kotabaru, Anang Muhammad Zen, ST, MT, CGCAE.

Dalam sambutannya, Slamet Riyadi menekankan bahwa SP4N-Lapor bukan sekadar inovasi teknologi, tetapi bentuk nyata komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, bersih, dan responsif.

“Momentum ini penting untuk memperkuat budaya melayani. Melayani bukan hanya kewajiban birokrasi, tetapi panggilan hati dalam membangun Kotabaru yang terbuka dan dipercaya masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Panitia Saubari menjelaskan, tujuan bimtek adalah meningkatkan kapasitas aparatur daerah dalam menangani laporan masyarakat agar lebih cepat, tepat, dan transparan.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Maulana Achmadi, Asisten Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, serta, Chairun Ni’mah, S.S., M.A.P., Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Provinsi Kalsel.

Mereka membahas strategi pencegahan maladministrasi serta pengelolaan pengaduan berbasis media sosial agar laporan masyarakat segera ditindaklanjuti.

Melalui SP4N-Lapor, masyarakat dapat menyampaikan keluhan, saran, maupun ide lewat kanal resmi, seperti aplikasi, email, maupun media sosial. Aduan yang masuk, mulai dari layanan publik berbelit, jalan rusak, hingga kebutuhan informasi penting, akan diteruskan ke instansi terkait.

Program ini juga sejalan dengan inisiatif “Kotabaru Mendengar” yang segera diluncurkan. Program tersebut akan menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi secara mudah, cepat, dan terarah.

Dengan bimtek ini, Pemkab Kotabaru berharap seluruh admin SP4N-Lapor memahami mekanisme penerimaan hingga penyelesaian laporan, sehingga kualitas pelayanan publik meningkat dan suara masyarakat benar-benar didengar serta ditindaklanjuti.

Sekedar diketahui kegiatan ini diikuti admin pengelola pengaduan dari seluruh SKPD dan kecamatan.

*

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

TP PKK Kotabaru Gelar Pembinaan PAAR di Era Digital

Bupati Kotabaru H. Muhammad Rusli Serahkan Mobil Operasional

Bupati Muhammad Rusli Sematkan Satyalancana Karya Satya untuk ASN dan Tali Asih Purna Bakti