Oleh: Afdiannoor Rahmanata*)
PENINGKATAN layanan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan transaksi, tetapi juga untuk menciptakan nilai tambah bagi nasabah. Itulah yang dilakukan CIMB Niaga, sebuah bank swasta terbesar di Indonesia, tentu komitmen kuat menghadirkan layanan terbaik bagi nasabah.
Bahkan, sejalan dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan keuangan yang cepat, mudah, dan aman, CIMB Niaga berinovasi baik dalam layanan digital maupun pelayanan langsung di cabang.
Berbagai fitur ditingkatkan, seperti aplikasi CIMB Niaga OCTO Mobile dan OCTO Clicks, nasabah kini dapat melakukan hampir seluruh aktivitas perbankan secara online, mulai dari pembukaan rekening, transfer, pembayaran tagihan, hingga investasi.
CIMB Niaga juga tetap mengutamakan pelayanan langsung di kantor cabang. Melalui program pelatihan rutin, para karyawan dibekali keterampilan untuk memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan solutif. Bahkan melalui kegiatan sosial lainnya.
Di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) misalnya, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui gerakan sosial Kejar Mimpi menyelenggarakan Kejar Mimpi Goes To School serentak di 35 sekolah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk di SDN Pemurus Baru 3 Kota Banjarmasin, Jalan Prona II, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Kegiatan juga didukung relawan Komunitas Kejar Mimpi ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan nyata CIMB Niaga untuk membantu memajukan pendidikan dan kesejahteraan generasi muda di Indonesia.
Mengusung tema Generasi Tumbuh Sehat, program ini menghadirkan beragam kegiatan untuk mengedukasi siswa, guru, dan orang tua tentang literasi keuangan. Selain itu juga membahas tentang pentingnya gizi yang seimbang dalam mendukung tumbuh kembang siswa.
Hal ini sejalan dengan pilar CSR CIMB Niaga di bidang Pendidikan dan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu menghapuskan semua bentuk kekurangan gizi pada 2030.
Head of Marketing, Brand & Customer Experience CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar menyatakan, CIMB Niaga memiliki perhatian besar terhadap tumbuh kembang yang sehat bagi generasi muda, di mana salah satunya adalah masalah stunting yang juga berdampak pada perkembangan kognitif dan kinerja jangka panjang akibat perkembangan otak yang tidak optimal.
Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah gizi buruk dan stunting di berbagai daerah, di Bulan Sumpah Pemuda ini CIMB Niaga didukung relawan Komunitas Kejar Mimpi hadir ke 35 sekolah, salah satunya SDN Pemurus 3 Banjarmasin untuk ambil bagian dalam mencegah stunting, sekaligus memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” ucap Firdaus.
Kegiatan volunteering ini telah menjadi bagian dari program rutin CIMB Niaga bersama Komunitas Kejar Mimpi. Melalui kegiatan ini, CIMB Niaga memberikan wadah untuk anak muda menjadi lebih peka terhadap masalah sosial yang terjadi di sekitarnya, dengan melakukan usaha problem-solving.
Tentunya, ujarnya, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mengasah skill kepemimpinan dan menambah pengalaman volunteering, sehingga menjadi generasi berdaya yang bermanfaat bagi masyarakat.
Kepala SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin Sri Mardhiati berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
“Kami tentu merasa senang sekolah kami jadi tempat kegiatan CIMB Niaga melalui gerakan Kejar Mimpi Goes To School,” tambah Sri Mardhiati.
Perempuan berhijab ini mengucapkan terima kasih atas kepedulian CMIB Niaga dan hadir di SDN Pemurus Baru 3. ‘Terima kasih CIMB Niaga atas kepeduliannya,’ tuturnya.
Sementara itu, orang tua siswa kelas 4 Susanti (41) mengaku gembira atas kunjungan CIMB Niaga ke SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin. ‘Kami ingin perbankan lain pun dapat seperti CIMB Niaga,’ imbuhnya.
Ini menunjukkan CIMB Niaga tak hanya urusan finansial, namun lebih memperhatikan kebutuhan Masyarakat sekitar dan wilayah kantor setempat.
Mungkin kita tahu, berbagai produk tabungan, kredit, investasi, hingga asuransi terus diperbarui untuk menjawab kebutuhan nasabah CIMB Niaga yang semakin beragam. Program cicilan ringan, promo belanja, hingga produk keuangan syariah juga diperluas guna menjangkau lebih banyak segmen masyarakat.
Tak kalah penting, dengan gaya hidup modern yang serba cepat, juga memperhatikan fitur keamanan terus ditingkatkan dengan teknologi biometrik, One Time Password (OTP), dan notifikasi real-time agar transaksi nasabah tetap aman dan nyaman.
Salah seorang pengguna OCTO CIMB Niaga di Kota Banjarmasin Adhi mengaku sangat senang penggunaan aplikasi OCTO, sebab menambah kemudahan dalam bertransaksi secara digital (daring) di era modern. “Yang pasti, saya mengapresiasi inovasi dan kemudahan bertransaksi melalui produk CIMB Niaga,” jelasnya.
Untuk itu, dipastikan CIMB Niaga sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi bank swasta pilihan utama di Indonesia.
Yuk daftar dan buka rekening untuk menjadi nasabah CIMB Niaga di wilayah masing-masing, khususnya warga Kalimantan Selatan (Kalsel) di banua Bumi Lambung Mangkurat. Sebuah Keniscayaan CIMB Niaga Makin Memberikan Kemudahan Bagi Nasabahnya. ‘Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 CIMB Niaga’ Semoga Makin Jaya dan Tetap Sukses Sepanjang Masa.
Wartawan Media Online baritopost.co.id di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)