oleh

Virus Corona Pemgaruhi Bisnis Kapal Roro

Banjarmasin, BARITO – Berkurangnya pendistribusian barang dan aktivitas masyarakat sejak mewabahnya Virus Corona di Indonesia, ikut membuat kerugian bagi pelaku usaha Kapal Roro di Kota Banjarmasin.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin Anton Wahyuddin mengatakan, sudah sejak sepekan terakhir Kapal Roro milik perusahaannya sepi mengangkut penumpang, truk barang maupun kendaraan bermotor.


“Kalau dipersentasikan penurunannya mencapai 40 persen dibanding hari biasa. Ini sudah terjadi sejak sepekan belakangan dan kami tidak bisa memprediksi kondisi tersebut berlanjut sampai kapan,” keluhnya, Jumat (20/3/2020).

 

Padahal jika berkaca dari pengalaman, biasanya satu bulan menjelang Ramadhan aktivitas angkutan Kapal Roro mulai ramai oleh Truk Barang yang mengangkut persediaan sembako dan konveksi dari Pulau Jawa.

“Ini sama sekali belum terlihat, bahkan kecendrungannya malah turun. Semoga Pemerintah bisa segera menyelesaikan masalah Virus Corona, agar aktivitas ekonomi di jalur laut bisa kembali normal,” harapnya.

Terkait kesiapan PT DLU Cabang Banjarmasin dalam mengantisipasi Virus Corna di areal kapanya, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah strategis. Diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin ke Kapal Roro, menyediakan Hand Sanitizer untuk penumpang hingga melengkapi petugas dengan masker.

“Ini sebagai upaya kita agar areal kapal PT DLU bisa terus sterill dan tidak membahayakan penumpang yang memakai jasa kami,” imbuhnya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed