oleh

Upacara HBI ke-69 dipusatkan di Kanim Banjarmasin

-Bandarmasih, Home-1.496 views

Teks : Apel HBI ke-69 di Kanim Imigrasi, Senin (28/01). (Foto:ist/brt).

Banjarbaru, BARITO – Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham) Kalsel, Senin (28/01) pagi melaksanakan upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Tahun 2019 ke-69 tahun 2019 di

di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Banjarmasin.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H Laoly yang dibacakan langsung Kepala Kantor Wilayah, Ferdinand Siagian selaku inspektur upacara mengatakan, tahun 2019 adalah tahun terakhir RPJMN 2015-2019 sekaligus tahun awal persiapan jelang RPJMN 2020-2024.

“Tahun ini juga tahun politik yang harus kita sikapi secara bijak dan optimis untuk menyelesaikan target-target yang menjadi tanggung jawab kita secara tuntas dan berkualitas,” bacanya.

Upacara puncak HBI Ke-69 dihadiri para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas dan Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kalsel, dan para undangan dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Ombudsman, TNI dan rekan-rekan media.
Semangat kolaborasi terus dikobarkan sebagaimana telah diikrarkan pada Janji Kinerja Tahun 2019 mengingat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) memiliki 11 unit eselon I (satu).

Dengan berkolaborasi dan bergandengan melayani masyarakat, maka diharapkan ada kepastian hukum dan mewujudkan peraturan perundang-undangan, pelayanan hukum, penegakan hukum yang berkualitas dan penghormatan, pemenuhan, perlindungan Hak Asasi Manusia. Serta mewujudkan layanan manajemen administrasi, aparatur yang profesional dan berintegritas.
“Hari ini genap 69 tahun jajaran Keimigrasian menjalankan tugas dan fungsi secara profesional. Yakni sebagai penjaga pintu gerbang negara kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus menjadi pelayan masyarakat dalam pemberian layanan Keimigrasian khususnya dalam hal menjaga stabilitas negara dari potensi gangguan asing, “baca Inspektur Upacara, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian.
Lima poin penting dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly pada Hari Bhakti Imigrasi Tahun 2019 yaitu: 1. Bersama-sama meningkatkan citra positif Keimigrasian melalui restrukturisasi sistem informasi manajemen Keimigrasian yang terbaru; 2. Optimalisasikan pengawasan Keimigrasian melalui peran kinerja Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) pada saat pelaksanaan penerbitan Paspor dan keberangkatan warga negara Indonesia di tempat pemeriksaaan Imigrasi serba penggunaan QR Code secara nasional; 3.Lakukan penegakan hukum Keimigrasian yang tepat sasaran; 4.Peningkatan kualitas layanan Paspor elektronik dan pengolahan data anak berkewarganegaraan ganda; 5.Peningkatan status 4 Unit Pelaksana teknis (UPT) yang telah meraih status Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) menjadi status Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan menargetkan 1 UPT Keimigrasian pada masing-masing Kantor Wilayah untuk mendapatkan status WBK.
Pada acara upacara HBI Tahun 2019 ini dibacakan sejarah singkat tentang Keimigrasian oleh Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida dan ditutup dengan acara syukuran yang dipusatkan pada Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin Sebelumnya juga dilakukan berbagai kegiatan di Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Batulicin baik sosial dan olahraga diantaranya layanan paspor Simpatik atau pelayanan paspor buka pada hari libur . Serta pelayanan khusus untuk para lansia atau orang sakit atau mobile paspor. Selain itu kegiatan lainnya seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah dan gerak jalan santai serta beberapa cabang pertandingan antar pegawai termasuk kegiatan upacara tabur bunga yang semua dilaksanakan untuk merayakan hari ulang tahun Imigrasi Ke-69.
Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja disela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa dengan HBI yang ke-69 dan tahun depan akan menjadi usia ke 70.

“Usia ini hampir sama dengan usia NKRI, seluruh jajaran keimigrasian Kalimantan Selatan memantapkan kembali tekad untuk menjadi birokrasi berkelas dunia sebagaimana tercantum dalam Mars Kemenkumham yaitu menjadikan Indonesia Jadi Bangsa Kelas Dunia. Tekad kami itu antara lain ditandai dengan mencanangkan Kanim Banjarmasin sebagai Satuan Kerja berstatus Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang nantinya akan diuji oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bersama-sama dengan Ombudsman dan instansi terkait lainnya,” ujarnya.
Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel juga mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi Ke-69 bagi seluruh insan Imigrasi . Jajaran imigrasi diharapkan menjadi penjaga pintu gerbang negara yang selalu menjaga kedaulatan negara dengan penuh keikhlasan.tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed