oleh

Tokoh Basket Kalsel Tutup Usia

Banjarmasin, BARITO – Sosok tokoh basket Banua, Budhi Surya, telah pergi untuk selamanya. Mantan Ketua Umun (Ketum) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kalsel itu tutup usia (82 tahun), Senin (22/3) sore dan disemayamkan di Grand Heaven Room 207 Jl Pluit Raya Penjaringan Jakarta Utara. Di cremation pada Rabu (25/3) di Jakarta.

Almarhum Owner PT Daya Sakti Timber itu, memiliki nama Chinesenya Keng Lu, sangat berjasa dalam pembinaan dan pengembangan olahraga basket di daerah. Bahkan tim basket Kalsel pernah meraih masa keemasan di level nasional. Termasuk disetial perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bukan hanya cabang basket, Budhi Surya juga mampu mendongkrak prestasi atlet angkat berat, angkat besi, dan binaraga Kalsel.

“Pak Budi Surya banyak melahirkan lifter dan binaragawan berprestasi nasional dan internasional dengan mendatangkan pelatih berpengalaman, Sumanto yang mengorbitkan atlet-atlet berprestasi,” sebut salah satu kerabat almarhum, Geman Yusuf yang juga Dewan Penasehat PBSI Kalsel.

Semasa hidupnya, lanjutnya, Budhi Surya yang memiliki shio Macan, memiliki kepedulian yang luar biasa terhadap olahraga di Kalsel. “Khususnya cabang bola basket dan angkat berat, angkat beau, dan binaraga,” tutur advokad dan karateka DAN IV Kyokushinkai ini.

Gedung Surya Satria Futsal yang bisa digunakan untuk basket dan futsal, pada bagian belakang ada hall untuk latihan atlet binaraga dan angkat besi, serta gedung basket Surya Arena di Jl AES Nasition (Kampung Gedang), merupakan peninggalan beliau yang monumental.

“Kedua gedung peninggalan almarhum Budhi Surya tersebut, sampai saat ini menjadi wadah bagi para penggemar basket dan futsal untuk tempat berlatih, juga untuk tempat pertandingan,” kata big boss Rumah Makan Sari Patin Banjarmasin itu.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed