oleh

Tiwingan Lama Ditarget Masuk Lima Besar Nasional

Banjarmasin, BARITO – Setelah masuk dalam nominasi 10 besar pemenang lomba Desa Wisata Nusantara 2019 setelah diverifikasi lapang oleh tim lomba 7 – 26 Oktober lalu, Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar ditarget bisa menempati posisi lima besar nasional nantinya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Zulkifli di Banjarmasin, Rabu (4/12) mengatakan, Desa Tiwingan Lama ini masuk nominasi lantaran keberhasilan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat untuk menjadikan desa setempat memperoleh pendapatana desa.

“Doakan saja, Desa Tiwingan masuk lima besar,” ujar Zulkifli yang akan memenuhi undangan Kementerian Desa RI pada 10 Desember nanti terkait penilaian ini.

Sebelumnya, dalam rangka pelaksanaan penilaian itu perwakilan, sudah disiapkan materi pemaparan, video berdurasi minimal 3 menit tentang aktivitas desa wisata, sarana dan prasarana pendukung desa wisata, serta kondisi lokasi desa wisata.

Pemaparan di hadapan tim juri maksimal 10 menit serta 15 menit berikutnya dilanjutkan sesi tanya jawab itu dijadwalkan 19 November di ruang rapat lantai 2 gedung b Ditjen PPMD Kemendes PDTT Jalan TMP kalibata Jakarta Selatan.

Keberhasilan Desa Tiwingan Lama ini juga salah satu yang mendorong Pemerintah Pusat memberikan penghargaan dalam program inovasi desa tahun ini. Program inovasi desa bertujuan meningkatkan kapasitas dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa yang bersumber dari dana desa.

Program ini diharapkan bisa lebih berkualitas melalui pengelolaan inovasi desa, replikasi dan atau adopsi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang inovatif, serta dukungan lembaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Penulis: Salman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed