oleh

Tahun Depan, Pelajar Wajib bawa Botol Minum Sendiri

-Bandarmasih-1.399 views
Siswa SMPN 15 mulai dibiasakan membawa botol minuman sendiri demi menghindari sampah plastik. ist

Banjarmasin, BARITO – Mengurangi sampah plastik, mulai tahun depan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin mewajibkan seluruh pelajar membawa peralatan makan dan minum sendiri.

Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Agus Totok Daryanto, mengatakan,

sangat perlu edukasi pengurangan sampah plastik ini digalakan kepada pelajar.  Agar pelajar lebih menghargai lingkungan dari ancaman sampah plastik.

“Sejak dini pelajar harus dibiasakan membawa peralatan makan dan minum sendiri seperti botol atau gelas. Ini demi mengurangi sampah plastik,” katanya kepada wartawan.

Totok melanjutkan, saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke sekolah sekolah dimana agar percepatan penerapan pengurangan sampah plastik ini benar-benar bisa dijalankan di sekolah.

“Hari ini kami sosialisasi ke SMPN 15 Banjarmasin dan SDN Kebun Bunga 6. Alhamdulillah sosialisasi ini disambut baik oleh guru dan pelajar,” bebernya.

Penerapan pengurangan sampah plastik ini juga akan diimbaukan kepada para pedagang kaki lima yang biasa berjualan di area sekolah termasuk kantin sekolah agar tidak membawa kantongan plastik. Jadi apabila pelajar ingin jajan, maka alat makan yang dibawa pelajar itu yang dijadikan tempat makanan atau minuman. Pada intinya tidak ada lagi kantongan plastik.

“Tidak hanya siswa, para pedagang juga diminta agar tidak memberikan kantongan plastik saat pelajar jajan, karena jajanan anak anak hampir semua pakai plastik,”

ucapnya.

Totok mengabarkan, awal Desember mendatang pihaknya akan melakukan lounching besar besaran soal penerapan larangan kantongan plastik terhadap pelajar. Pelaksanaannya dilakukan setelah ujian semester sekolah.

“Insyallah awal Desember kami lounching soal penerapan larangan kantongan plastik terhadap pelajar,” tutupnya. dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed