oleh

Stok Beras Bulog Kalsel Aman Capai 9.000 Ton

Banjarmasin, BARITO – Stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Kalimantan Selatan, tercatat mencapai sekitar 9.000 ton. Kemudian stok daging 17 ton, dan gula 900 ton, dan minyak serta tepung terigu relative aman.

Kepala Bulog Divre Kalimantan Selatan Muhammad Imron Rosidi memastikan, dengan ketersediaan di atas 9 ribu ton tersebut maka stok beras di Banua aman hingga puasa dan lebaran. “Untuk stok di gudang Bulog saja, aman sampai awal puasa dan lebaran,” ucapnya, Kamis (18/2/2021).

Meski demikian, Ia mengakui pasca banjir berdampak terhadap sawah para petani yang terendam, akan ketersediaan gabah. Namun, sambungnya, dengan penanganan bencana alam ini, tentu stok beras tidak bisa bertahan lama, artinya jika dihitung hanya bisa bertahan 4 bulan untuk 9.000 ton beras.

Jika ada kekurangan stok beras di Kalsel, tambahnya, maka akan diambil dari provinsi lain yang surplus, artinya kekurangan stok bersifat nasional. “Ya ketersediaan beras kita relative masih bisa terkendali, walau saawah petani terendam air,” katanya.

Target 2021, Ia mengakui, tidak jauh berbeda dengan tahun 2020, terutama serapan beras berkisar 18.500 ton, dengan  beras komersial sesuai kebutuhan konsumen. “Tercatat serapan beras premium sektor komesial  850 ton,” imbuhnya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed