oleh

’Srikandi’ DPRD Kalsel Bertambah *Gina Resmi Jadi Anggota Dewan

Banjarmasin, BARITO-Gina Mariati, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem), resmi menjadi anggota DPRD Kalimantan Selatan sisa masa jabatan 2014-2019, Kamis (23/8).  Dia ditempatkan di Komisi II, yang membidangi ekonomi dan keuangan.

Pengambilan sumpah anggota legislatif pengganti antar waktu (PAW) itu berlangsung dalam rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin, didampingi Wakil Ketua H Muhaimin, Asbulah dan H Hamsyuri. Hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H Abdul Haris Makkie,  mewakili Gubernur Kalsel.

Gina Mariati menggantikan Ronie Fahmi Rais yang mengundurkan diri sebagai anggota dewan dan pengurus Partai NasDem Kalsel.

Prosesi pengucapan sumpah dan janji Gina sebagai anggota DPRD Kalsel itu diawali pembacaaan dua SK Menteri Dalam Negeri oleh Sekretaris DPRD Kalsel HAM Rozaniansyah. Yakni SK Mendagri Nomor 161.63-5680 Tahun 2018 tanggal 14 Agustus 2018 tentang Pemberhentian Anggota DPRD Kalsel atas nama Ronie Fahmi Rais dan SK Mendagri Nomor 161.63-5681 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kalsel atas nama Gina Mariati, S.Sos.

Proses selanjutnya adalah pengucapan sumpah dan janji yang dipandu Ketua DPRD Kalsel. Dilanjutkan penandatangan SK pelantikan dan pemasangan pin serta penyerahan SK tugas sebagai anggota dewan.

Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan dalam sambutannya yang disampaikan Sekdaprov  Abdul Haris Makkie,  mengucapkan selamat kepada Gina Mariati, yang telah diambil sumpah/janjinya untuk mengemban tugas dan amanah sebagai anggota DPRD Kalsel.

“Semoga di sisa masa jabatan 2014-2019 ini saudari bersama seluruh jajaran anggota dewan yang terhormat dapat bekerja, menyelesaikan tugas dan amanah dengan baik, khususnya dalam menjalankan tugas-tugas negara,” harapnya.
Kepada Ronie Fahmi Rais,  Wagub  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama menjadi mitra kerja Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Semoga Allah SWT memberikan ganjaran amal ibadah segala bentuk pengabdian yang telah saudara berikan,” ucapnya.
Rudy mengatakan,  penggantian antar waktu ini pada dasarnya merupakan mekanisme yang dijalankan DPRD untuk mendukung kelancaran dalam menjalankan hubungan kemitraan dengan pemerintah, membangun partisipasi serta menyerap aspirasi masyarakat.

Tentunya, di samping menjalankan fungsi pengawasan, DPRD juga memegang peranan penting lainnya, yaitu menjalankan fungsi legislasi dan budgeting bersama dengan pemerintah provinsi.

“Saya berharap agar anggota dewan yang baru saja melaksanakan pengucapan sumpah/janji dapat segera beradaptasi dengan tugas dan amanah sebagai wakil rakyat serta dapat memberikan sumbangsih yang nyata kepada masyarakat Kalimantan Selatan,” tutupnya.

Kepada wartawan, usai diambil sumpah dan janji, Gina Mariati mengatakan, dirinya secepatnya akan beradaptasi dengan rekan-rekan sesama anggota dewan agar bisa berkoordinasi, terutama di Komisi II membidangi ekonomi dan keuangan.

‘’Salah satunya usai pelantikan ini saya bersama anggota dewan lainnya bertolak ke Jakarta guna mengikuti kegiatan kunjungan kerja Panitia Khusus (Pansus) Revisi Perda Penyandang Disabilitas. Ini kunjungan kerja pertama ke Jakarta terkait Pansus Revisi Perda Penyandang Disabilitas,” ujar Gina.

Selain itu, lanjutnya, dalam waktu dua atau tiga bulan ke depan, ia secepatnya meminta masukan dari Ronie Fahmi Rais terkait tugas maupun fungsi di Komisi II, karena banyak hal yang akan dipelajari di sisa masa kerja hingga 2019 nanti.

“Saya akan berkomunikasi dengan saudara Ronie terkait tugas dan tanggung jawab di Komisi II,” terangnya.

Ketua DPW Partai NasDem Kalsel H Guntur Prawira mengatakan, pergantian anggota dewan dari Partai NasDem ini menambah semangat partai, bahkan keterwakilan perempuan di dewan jadi bertambah. “Yang dilantik ini kan srikandi. Jadi gendernya bertambah di DPRD Kalsel,” ujar tokoh pers Kalsel itu.

Guntur pun berharap dengan kehadiran anggota baru ini kinerja anggota DPRD dari Partai NasDem ke depan semakin baik lagi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat banyak.

Disinggung mundurnya Ronie apakah berpengaruh terhadap partai, menurut pemilik Harian Barito Post ini, tidak ada pengaruhnya. ‘’Karena di dalam partai itu tidak tergantung kepada individual (perorangan). Partai itu sifatnya kolektif, siapa pun tidak jadi permasalahan, siapa saja akan berbuat sebaik-baiknya untuk kepentingan  bangsa ini,” tegasnya.

Sebagai bukti, imbuhnya Partai NasDem telah mempersiapkan para calegnya, termasuk di Dapil VI (Kotabaru-Tanah Bumbu). Alhamdullilah caleg di Dapil VI terpenuhi 100 persen.

“Insya Allah kita mempertahankan kursi di Dapil VI,” pungkasnya.sop

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed