oleh

Simulasi Dalmas, Anggota Makin Serius dan Polwannya hingga Libatkan Patroli Harat

 

SABUK PENGAMAN-Inilah sabuk pengaman demo sebelum bergerak memasuki ring 2 Dalmas, Selasa (4/9) pagi.(foto;sum/brt)

Banjarmasin, BARITO

Sebanyak 160 anggota Pengedalian Masyarakat (Dalmas) dengan seragam dan peralatan lengkap di halaman Polresta Banjarmasin terus berlatih,  Selasa  (4/9) pagi jelang siang. Puluhan anggota yang mengenakan helm dan pentungan serta pelindung perisai itu seolah-olah  menghadapi aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

Bahkan Sabuk Pengaman yang panjangnya sekitar 20 meter dipraktikkan saat menghalau massa sebelum kontak fisik. Sementara  Pelatih Dalmas Kanit Dalmas dipimpin Ipda Sutovo,   dan diawasi langsung oleh Wakasat Sabhara Kompol Rospono yang baru naik pangkat kemarin.

Kasat Sabhara Kompol Halasan Sirait mengatakan, latihan itu guna antisipasi menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang. Untuk itu anggota Dalmasdiminta serius dalam latihan,  mulai dari baris berbaris hingga menggunakan peralatan. Sementara pihak Polwan juga menjadi tim negosiator saat keributan terjadi.

“Latihan Dalmas itu selain untuk antisipasi pilpres dabn pilpres, dalmas itu akan dilombakan pada 12 September d polda,”ujar Kompol H Sirait. Dia  menambahkan, Lomba Dalmas itu  tentang pengamanan (Pam)  pilpres  2019 antar polres. Pelaksanaannya selama tiga hari, mulai 12, 13 dan 14 September 2018.

Dengan teknis waktu lomba 30 menit,  untuk drama pam unras itu juga menurunkan watercanon truk antihuruhara. “Apabila terjadi demo dan Dalmas tengah meghadapi massa, maka untuk pelaku keributan juga akan ditangan Patroli Harat. Disinilah Tim Patroli Harapan Masyarakat wajib  stanby guna menjalankan tugas dan fungsi sesuai pelanggaran yang dilakukan pelaku,”pungkas H Sirait.ndy

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed