oleh

Rudy Resnawan Bagi-bagi DIPA dan TKDD Rp25,85 T

Banjarbaru, BARITO – Plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2021 di Gedung Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Selasa (1/12).

Acara penyerahan berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19.

Bahkan, tidak semua satuan kerja diundang ke lokasi. Sehingga penyerahan DIPA dan TKDD TA 2021 dilakukan secara simbolis.

Dalam hal ini , selaku wakil pemerintah pusat, Rudy Resnawan, menyerahkan alokasi dana transfer ke daerah untuk provinsi kepada pelaksana tugas sekretaris daerah provinsi. Kemudian kepada bupati/wali kota untuk dana transfer kabupaten/kota dan dana desa.

Rudy mengingatkan kembali arahan Presiden Joko Widodo terkait dana APBN kepada daerah.

“Empat fokus utama dalam arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo pada APBN tahun 2021. Pertama, penanganan kesehatan. Ini masih dalam hal penanganan Covid-19 khususnya fokus pada vaksinasi. Kedua  perlindungan sosial terutama bagi kelompok kurang mampu dan rentan,” ujarnya.

Fokus APBN 2021 ketiga, adalah program pemulihan ekonomi, terutama dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha. Fokus keempat, membangun pondasi yang lebih kuat melalui reformasi struktural, baik kesehatan pendidikan perlindungan sosial dan bidang lainnya.

Pada kesempatan itu, para bupati/wali kota juga mendapatkan ucapan selamat dari plt gubernur, terkait kinerja keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Anggaran yang terserap baik serta aspek akuntabilitas dan tepat sasaran menjadi perhatian dalam penyaluran dana APBN maupun APBD.  Selamat kepada kabupaten /kota yang meraih WTP, kami berharap, ke depan bisa dipertahankan,” ucap Rudy Resnawan.

Plt Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalsel, Dedi Sopandi, menuturkan, tahun 2020 adalah tahun yang sangat berat secara ekonomi.

“Karena telah menyebabkan merosotnya pertumbuhan ekonomi hampir di seluruh Tanah Air, termasuk Kalimantan Selatan.  Oleh karena itu, dengan telah ditetapkannya alokasi dana DIPA Kementerian/Lembaga (K/L) dan TKDD TA 2021, diharapkan semakin memperkuat pondasi ekonomi daerah Kalimantan Selatan melalui percepatan belanja yang efektif dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut dia, sangat dibutuhkan sinergi antara seluruh komponen yang berada di wilayah Kalimantan Selatan. Dalam hal ini, Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah diharapkan saling bekerja sama sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

“Yakni untuk memastikan agar APBN tetap mampu mewujudkan masyarakat Kalimantan Selatan yang sejahtera, adil dan makmur,” terangnya.

Secara keseluruhan, alokasi anggaran TA 2021 yang diperuntukkan bagi Provinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp25,85 triliun . Terdiri dari anggaran DIPA K/L sebesar Rp9, 27 triliun serta anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)  Rp16, 58 Triliun

Alokasi anggaran K/L sebesar Rp9, 27 triliun tersebut diberikan untuk 41 Kementerian/Lembaga serta 549 satuan kerja yang tersebar di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

K/L penerima dana DIPA terbesar adalah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan total dana Rp2, 22 triliun yang meliputi 17 satuan kerja .

Sedangkan dana TKDD Provinsi Kalimantan Selatan secara keseluruhan sebesar Rp16,58 triliun dialokasikan untuk 14 daerah, yang terdiri dari satu provinsi dan 13 daerah kota/kabupaten.

Dana TKDD tersebut terbagi ke dalam dua jenis peruntukkan, yaitu Dana Transfer dan Dana Desa.

Dana transfer sebesar Rp15,05 triliun,  meliputi  Dana Alokasi Umum (DAU) Rp7,73 triliun, Dana Bagi Hasil (DBH) Rp3,02 triliun, Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik ) Rp1,51 triliun, Dana Alokasi Khusus Non Fisik ( DAK Non Fisik) Rp2,35 triliun serta Dana Desa Rp1,52 triliun.

Kabupaten/kota penerima dana transfer dan dana desa terbesar di wilayah Kalimantan Selatan adalah Kabupaten Banjar dengan total alokasi dana sebesar Rp1,349 triliun.

Penulis: Cynthia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed