oleh

Ratusan Warga Binaan Lapas Teluk Dalam Rekam e-KTP

-Bandarmasih-1.363 views

Banjarmasin, BARITO – Sekitar 200 warga binaan Lapas Teluk Dalam mendapat kesempatan mengikuti rekam KTP Elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin, Kamis (17/1).

Menurut Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin M Yusuf Effendi, perekaman KTP Elektronik guna mendata pemilih yang ada Lapas agar terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu serentak tahun ini.

“Perekaman ini dilakukan serentak diseluruh Lapas di Indonesia,” katanya disela pendataan.

Yusuf melanjutkan, acara tersebut merupakan program dari kementrian dalam negeri melalui Dirjen Dukcapil untuk melakukan rekam serentak di seluruh lapas di Indonesia.

“Setelah berkoordinasi dengan pihak Lapas, hari ini kami mendapat izin mendata dan merekam warga binaan yang memiliki kartu keluarga Banjarmasin,” tuturnya.

Ia melanjutkan, setiap warga negara Indonesia yang berumur lebih dari 17 tahun wajib melakukan rekam KTP Elektronik. Apalagi ini mendekati Pemilu, jadi sayang apabila tidak didaftarkan.

“Meski belum memiliki KTP tapi sudah merekam, masih bisa kita dibuatkan KTP sementara sebagai hak suara pemilih mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, Ngatmin mengatakan, kerjasama bersama Disdukcapil merupakan tindak lanjut surat edaran dari Dirjen Pemasyarakatan.

Dimana KTP Elektronik merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti pemilu serentak tahun 2019. “Setelah kita periksa administrais ternyata ada 200 lebih binaan kami yang berdomisi di Banjarmasin belum memiliki KTL,” bebernya. dan

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed