oleh

Puskesmas Harus Terakreditasi, Untuk Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

-Seputar Kalsel-1.106 views

Banjarmasin, BARITO – DPRD Kalimantan Selatan melalui Komisi IV membidangi kesehatan berharap seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kalsel sudah terakreditasi.

Harapan tersebut agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat semakin meningkat sebagaimana yang telah diterapkan di DKI Jakarta.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Yazidie Fauzy kepada wartawan, Kamis (18/10) seusai kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Dituturkan Yazidie, dari hasil kunjungan Komisi IV ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta, semua puskesmas yang ada di ibukota negara kita itu sudah terakreditasi. Sehingga pelayanan kesehatan semua pasien terjamin di Jakarta.

“Di Jakarta, semua puskesmas sudah terakreditasi, karena disana memang wajib terakreditasi,” ujar Yazidie.

Dengan terakreditasi, lanjut politisi PKB, salah satunya bertujuan meningkatkan pelayanan semua pasien yang berobat di puskesmas, baik rawat jalan maupun rawat inap.

Tak hanya meningkatkan pelayanan pasien, imbuhnya, pelayanan kesehatan di DKI Jakarta tetap diberikan, walaupun ada warga yang tidak menjadi peserta BPJS.

“Bahkan warga pendatang, yang bukan warga DKI Jakarta tetap diberikan layanan kesehatan,” sebutnya.

Yazidie pun berharap pihaknya juga menginginkan di Kalsel juga diterapkan pelayanan kesehatan sebagaimana di DKI Jakarta.

“Peningkatkan layanan kesehatan ini harus diutamakan,” pintanya.

Selain itu semua rumah sakit yang ada di DKI Jakarta, baik milik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, bahkan milik swasta, semuanya melakukan koordinasi terkait pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien di masing-masing rumah sakit.

Koordinasi semua rumah sakit tersebut guna menyinkronkan standar pelayanan kesehatan lebih tinggi, sehingga pelayanan kesehatan terhadap pasien lebih terjamin dan bermutu.

Karena itu, Yazidie mengharapkan hasil kunjungan kerja pihaknya ini dapat dijadikan masukan bagi Pemerintah Provinsi Kalsel guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Banua.

Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kalsel didampingi Dinas Kesehatan Kalsel beserta UPTnya dalam rangka studi komparasi terkait fasilitas kesehatan ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang dilaksanakan pada 15 hingga 17 Oktober 2018 dan rombongan diterima Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta drg Maria Margaretta beserta jajarannya. sop

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed