oleh

Puluhan Ibu Rumah Tangga Dilatih Membuat Kerajinan

-Bandarmasih-1.185 views
Arifin, Ketua Rumah Kreatif Banjarmasin memberikan pelatihan  kerajinan tas dan dompet kepada ibu-ibu rumah tangga, Rabu (7/11). (hamdani/brt)

Banjarmasin, BARITO – Sebanyak 60 orang ibu-ibu rumah tangga binaan PKK Banjarmasin ikuti pelatihan kerajinan tangan yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin, Rabu (7/11).

Ada dua macam jenis kerajinan tangan yang di ajarkan kepada kaum hawa itu yakni membuat tas dan dompet menggunakan bahan kain sederhana yang diberi motif sasirangan.

Menurut pelatih kerajinan yang juga seorang Ketua Rumah Kreatif Banjarmasin, Arifin, pelatihan ini sebenarnya tidak mudah dilakukan pada seorang pemula, maka dari itu perlu waktu.

“Pelatihan ini selama dua hari, ini sebenarnya masih kurang untuk pemula. Ya paling tidak pelatihan ini bisa dimaksimalkan dan bisa membuta minimal satu tas atau dompet dalam sehari,” ujarnya disela melatih peserta yang diutus dari setiap Kecamatan di Banjarmasin.

Arifin melanjutkan, bila pemula itu bisa membuat satu produk sehari, maka pengrajin yang mahir satu harinya bisa lebih banyak lagi hingga puluhan produk seperti tas dan dompet.

“Yang mahir bisa lebih dari 10 dalam sehari,” ujarnya.

Ditanya siapa saja yang menjadi binaan Rumah Kreatif, Arifin mengatakan semua kalangan berbagai usia dan masyarakat pernah dilatih olehnya dan tim. Bahkan kaum disabilitas atau penyandang cacat juga mendapat kesempatan berlatih.

Bagi Arifin itu tujuannya demi meningkatkan sumber daya manusia agar tidak terlalu tergantung pada orang lain.

“Semua bisa saja belajar dan gratis, karena ilmu kerajinan ini dari warga kita kembalikan lagi ke warga, agar kita saling memberikan manfaat,” tuturnya. dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed