oleh

Posko Covid-19 Siaga 24 Jam Didaerah Perbatasan

Pelaihari,BARITO – Upaya untuk mencegah peredaran virus covid-19 atau virus corona masuk ke Kabupaten Tanah Laut,Satgas Vovid-19 yang telah dibentuk Pemkab Tanah Laut telah menyiapkan 4 buah posko covid-19 di daerah-daerah perbatasan.

Meski dalam kondisi belum dilengkapi peralatan, namun 4 Posko telah ditempatkan Satgas Covid-19 yakni di Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati yang terkoneksi dengan jalur perbatasan Kabupaten Banjar melalui Jalan Cempaka. Kemudian Desa Pandahan melalui Jalan A Yani di Kecamatan Bati-Bati yang juga berbatasan dengan Kabupaten Banjar, di Kecamatan Bumi Makmur yang ditempatkan dihalaman Puskesmas Desa Handil Babirik yang terkoneksi melalui jalur wilayah Gambut Kabupaten Banjar,dan di Desa Sungai Cuka di Kecamatan Kintap berbatasan dengan Kabupaten Tanah Bumbu.


Ketua harian Satgas Covid-19 Tala M.Kusri yang juga Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala Rabu,(26/3) mengatakan, petugas gabungan pada posko disiagakan sama polanya seperti waktu kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yakni 24 jam terdiri dari berbagai unsur yakni TNI,Polri,Dinas Perhubungan,Dinas Kesehatan,PMI,Damkar, Orari dan pihak lainnya.

“Semua secara bertahap untuk melengkapi peralatan semprot disenfektan dan Alat Pelindung Diri (APD),yang penting diposko tersebut ada petugasnya siaga,dan nantinya setiap orang yang akan masuk ke Tanah Laut dilakukan pemeriksaan,termasuk jika menggunakan sarana mobil,maka mobilnya disemprotkan disenfektan,”kata Kusri.

Ia menambahkan, berharap di Kabupaten Tanah Laut dapat meminimalisir masuknya virus corona,dan tetap diingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,serta menajalankan prilaku hidup sehat.

Sedangkan menyangkut keadaan pasar Pelaihari yang dikabarkan bakal tutup sementara, menurut Kusri bahwa sesuai hasil rapat Satgas Covid-19 kegiatan perekonomian tetap berjalan seperti biasa,akan tetapi yang perlu ditingkatkan adalah menjaga kebersihan pribadi dan jarak selama kegiatan diluar,paprnya.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed