oleh

Poktan dan Penyuluh Perangi Hama Tikus

Banjarmasin, BARITO

Kelompok Tani (Poktan)  Alam Roh 8 Sungai Batang dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sungai Rangas bersama-sama terjun ke sawah melakukan pembasmian hama tikus di lahan pertanian mereka, Rabu (16/1/2019). Kegiatan itu dilakukan mengingat semakin dekatnya musim bercocok tanam.

 

Sebanyak 112 ekor tikus berhasil dibasmi dalam waktu kurang dari 1 jam.  Memang pada saat ini sedang berlangsung musim hujan dan banjir    Sehingga memudahkan petani untuk membasmi hama tikus.

 

Kepala Balai Penyuluh Pertanian Sungai Rangas Nuddin menuturkan,  , gotong royong membasmi tikus bertujuan agar tikus tidak sempat berkembang biak. Sehingga tidak menyerang tanaman padi milik warga.

“Kalau dibasmi sekarang lebih mudah. Sebab sedang musim hujan dan banjir. Pada saat ini tikus berada di galangan dan gundukan tanah yang lebih tinggi disekitar sawah. Apalagi saat ini merupakan musim berkembang biak tikus,” katanya.

Nuddin menyatakan, bahwa saat ini cara yang tepat membasmi tikus adalah secara manual yaitu memukulnya.cara membunuh hama tikus secara langsung . Pihaknya tidak menganjurkan membasmi hama tikus dengan meracun.
“Kami dari penyuluh pertanian tidak menganjurkan dan tidak juga melarang, jika para petani menggunakan racun untuk membasmi tikus,” ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Alam Roh 8 Aspihani mengatakan, bersama-sama dengan BPP Sungai Rangas, pembasmian telah dilakukan sejak sepekan lalu.

“Sudah dalam sepekan ini kami melakukan pembasmian hama tikus .Bukan hanya di Kelompok Tani Alam Roh 8 saja,” urai Aspihani yang merupakan Pembakal (Kepala Desa) Sungai Batang itu.

Dia menambahkan, warga desa yang rata-rata petani secara gotong royong atau perorangan membasmi tikus.
“Kalau yang perorangan membasmi hama tikus menggunakan jenis racun. Hal itu tidak kita larang. Mereka memang bertujuan agar hama tikus tidak merusak tanaman pertaniannya,” katanya.

Hama tikus merupakan hama terbanyak dari jenis hama yang sangat merugikan para petani di Desa Sungai Batang. Selain padi,  tikus menyerang tanaman lain diantaranya cabe, terong. tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed