oleh

Pj Gubernur Siapkan 400 Vaksin untuk Wartawan

Banjarbaru, BARITO – Bersamaan dengan para warga lanjut usia (lansia) dan pekerja pelayanan publik, para wartawan di Kalimantan Selatan ikut serta dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Rabu (3/3) hari ini.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 400 vaksin Covid-19 untuk wartawan.

“Awak media termasuk petugas pelayanan publik, masuk tahap dua yang dimulai besok kita gelar di Mahligai Pancasila,” kata dia.

Safrizal mengaku telah berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Selatan terkait vaksinasi bagi jurnalis.

“Kita siapkan tempatnya di hall yang besar. Jadi 400 wartawan bisa langsung divaksin. Namun, jika tak memungkinkan, wartawan di kabupaten bisa mengikutinya di daerah masing-masing,” tuturnya.

Safrizal mengungkapkan ada sekitar 69 ribu dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang tersedia saat ini. Sebagian telah didistribusikan untuk kabupaten dan kota.

Proses vaksinasi akan dilakukan secara paralel mulai Rabu (3/3), yang diikuti para lansia, TNI-Polri, wartawan, guru, pedagang, sopir hingga petugas pelayanan publik lainnya yang menjadi prioritas.

“Bahkan Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto akan membawa 20 ulama terkemuka di Kalsel untuk mengikuti vaksinasi di Mahligai Pancasila,” beber pria yang menjabat Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yang juga Wakil Ketua Satgas Covid-19 itu.

Safrizal mengakui dosis vaksin yang tersedia untuk tahap dua terbilang sedikit. Namun dia berjanji meminta kembali ke pusat jika telah habis.

“Makanya akan kita habiskan secepatnya. Jadi saya minta vaksinasi dilaksanakan di hall agar mempercepat prosesnya. TNI-Polri juga membantu menyiapkan tenaga vaksinatornya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, guru masuk target divaksinasi Covid-19 tahap ke-2 .

“Para guru ikut divaksin juga, mereka masuk katagori pelayanan publik,” ujarnya di Banjarmasin, Selasa.
Tentunya, kata Machli, pelaksanaan vaksin bagi guru ini dilakukan bertahap sebab yang diprioritaskan warga lansia.

Untuk vaksinasi tahap kedua ini, menurut dia, jatah vaksin yang didapat Kota Banjarmasin hanya 1.490 vial.
“Jadi kita harap para guru sabar kalau belum semua dapat divaksin. Karena golongan lain juga yang masuk kategori pelayanan publik, seperti Polri dan TNI yang ikut divaksin bersama tahap ke-2 ini,” tuturnya.
Dia pun berharap, semua masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan, baik yang sudah divaksin maupun yang belum, karena penyebaran Covid-19 tetap tinggi hingga kini.

Machli meminta masyarakat menaati prokes memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, juga menjauhi kerumunan.ant

Editor: Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed