oleh

Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Dan LPG di Kalimantan

Banjarmasin, BARITO – Pertamina Marketing Operation Region (MOR ) VI Kalimantan memastikan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Kalimantan terpenuhi. Kesiapan tersebut guna menjamin masyarakat di Kalimantan dapat merayakan Idul Fitri 1441 H dengan tenang dan lancar.

Region Manager Commrel & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun mengatakan, untuk mengawal kelancaran distribusi BBM & LPG Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 8 April sampai dengan 8 Juni 2020.

“Memang pada Idul Fitri 2020 kali ini diprediksi kebutuhan BBM stabil dan tidak meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya karena masalah pandemi Covid-19. Walau begitu kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin dalam memastikan konsumsi BBM aman dan terpenuhi untuk masyarakat,” ujarnya kemarin.

Salah satu caranya adalah melakukan stok monitoring untuk konsumsi Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax turbo) yang diprediksi cukup hingga 11 hari, bahkan khusus untuk premium ketahanan stok hingga 13 hari.

Begitu juga dengan konsumsi gasoil (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex), juga dilakukan stok monitoring dan diprediksi kebutuhannya dapat memenuhi konsumsi hingga 12 hari.

“Selain itu kami juga memastikan pada saat Idul Fitri maupun Covid-19 ini, telah diinstruksikan kepada SPBU untuk mempunyai buffer stock sehingga tidak terjadi kekosongan BBM. Selain itu upaya lain yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk kelancaran distribusi BBM ke masyarakat terutama di masa-masa pandemik,” tambahnya.

Kemudian untuk peningkatan kebutuhan LPG 3 Kg pada Idul Fitri tahun 2020 telah diantisipasi dengan meningkatkan alokasi penyaluran sebesar 6,6% dari rata-rata normal bulanan atau sekitar 4.079 MT (1.359.640 tabung) dari konsumsi normal rata-rata bulanan yaitu 30.980 Metrik Ton untuk wilayah Kalimantan.

Penguatan stok LPG telah dilakukan dari akhir bulan April dengan penambahan stok cadangan melalui dua tahap yaitu Tahap I pada April 2020 dan Tahap II pada Mei 2020. Penyaluran ini telah disalurkan ke 249 Agen dan 2.405 pangkalan yang tersebar di seluruh wilayah Kalilmantan.

Selain itu Pertamina juga menyiapkan lembaga penyalur LPG Pertamina yaitu agen dan pangkalan LPG sebanyak 255 agen PSO, 10.690 pangkalan PSO, 70 agen NPSO dan 2.424 sub agen NPSO di seluruh wilayah Kalimantan.

“Langkah antisipatif lainnya adalah Pertamina menginstruksikan agen-agen untuk melalukan pengisian LPG NPSO ke Modern Outlet seperti indomaret dan SPBU sebagai outlet penjualan LPG. Pertamina juga berkoordinasi dengan instansi terkait guna memperlancar distribusi LPG jika terjadi hambatan di lapangan,” imbuhnya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed