oleh

Penerbangan Wings Air Rute Banjarmasin ke Kotabaru Sesuai Standar Prosedur

Banjarbaru, BARITO – Penerbangan dengan pesawat Wings Air bernomor IW-1390 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Bandar Udara Gusti Syamsir Alam Stagen Kotabaru operasional dijalankan sesuai dengan standar prosedur (SOP).

“Wings Air IW-1390 merupakan penerbangan berjadwal yang sudah dipersiapkan dengan baik menurut aturan. Sebelum diberangkatkan, pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WJP sudah menjalani pemeriksaan awal (pre-flight check) oleh teknisi dan pilot. Pesawat dinyatakan laik terbang (safe to flight),” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam siaran persnya, Senin (7/1).

Kata Danang, Wings Air IW-1390 akan terbang ke Kotabaru dengan jadwal keberangkatan pukul 14.40 WITA. Dalam penerbangan ini, Wings Air membawa empat kru beserta 60 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan dua balita.

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk menunda fase lepas landas. Hal tersebut dikarenakan ketika pesawat berbelok/ berputar di ujung landas pacu dengan posisi mesin pesawat masih bertenaga/ kecepatan rendah, pilot mendengar suara letupan kecil yang bersumber dari bagian pesawat sebelah kiri,” katanya.

Danang berkata , pilot menjalankan SOP dan menginformasikan kepada teknisi dan petugas darat Wings Air. Dengan koordinasi dan kerjasama yang tepat, pesawat kembali ke landas parkir (return to apron/ RTA), guna melakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pengecekan, ban pesawat sebelah kiri pecah. Dalam memberikan kenyamanan, seluruh penumpang diturunkan kembali dari pesawat dan dibawa menuju ruang tunggu bandar udara, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta kompensasi layanan keterlambatan (delay management) menurut ketentuan.

“Wings Air juga memfasilitasi apabila ada permintaan dari penumpang antara lain pengembalian dana (refund) atau perubahan jadwal berangkat (reschedule) dengan aturan yang berlaku. Wings Air telah memberikan keterangan terkait penundaan keberangkatan IW-1390 dan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalannnya hari ini,” paparnya.

Pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WJP sedang menjalani proses pengecekan dan penggantian ban. Proses pengerjaan ini membutuhkan waktu yang cukup signifikan. Wings Air telah memberangkatkan IW-1390 menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-600 registrasi PK-WGH yang didatangkan dari Balikpapan.

“Penerbangan IW-1390 sudah mengudara pada 17.16 WITA dan mendarat di Kotabaru pukul 17.50 WITA, yang mengangkut empat kru serta 59 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dua balita. Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu,” katanya.  Rel/dil

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed