oleh

Pelindo III Tak Pernah Berikan Kontribusi ke Banjarmasin

-Bandarmasih-1.235 views
Pelabuhan yang dikelola Pelindo di Banjarmasin. ist

Banjarmasin, BARITO – Pelindo III Banjarmasin dicap tidak pernah memberikan kontribusi terhadap Banjarmasin. Hal itu tegas diucapkan oleh Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Doyo Pudjadi, Kamis (15/11) di Balaikota Banjarmasin.

Kepada Badan usaha milik negara dibidang pelabuhan ini, Doyo juga menyinggung Pemko Banjarmasin sudah membangunkan jalan keluar masuk untuk memperlancar arus keluar masuk angkutan di pelabuhan Basirih hingga menghabiskan anggaran sekitar Rp 20 Miliaran dari APBD. Meskipun itu hingga sekarang tidak ada didapat dari Pelindo.

“Agar ini mendapat perhatian dari Pelindo, Pemko melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pelindo III, karena selama ini sepeserpun belum ada yang masuk ke Pemko padahal sudah membuatkan akses,” bebernya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Banjarmasin tersebut mengatakan, PKS ini dilakukan agar Pemko juga mendapatkan kontribusi dari usaha yang dikembangkan pelindo III melalui pelabuhannya. Dengan ini, kembali akan dibangun lagi jembatan timbang untuk angkutan pelabuhan. “Jembatan timbang inilah yang akan menjadi salah satu kontribusi bagi daerah dari pelindo, disamping dapat memantau kelebihan muatan dari angkutan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya,”katanya.

Tak hanya itu, pemko juga akan membangun areal konsolidasi dengan luas areal 0,5 hektar. Areal tersebut dapat disewakan kepada setiap angkutan yang kelebihan muatan. “Dari usaha itu, pemko baru akan dapat kontribusi bahkan pemko juga dapat menempatkan anggota Dishub disana untuk mengawasi dan memantau,.”jelasnya.

Disepakati pula akan dilakukannya penataan Kawasan Basirih. Disana akan disiapkan lahan parkir angkutan bongkar muat. “bagi angkutan yang akan masuk maka akan mendapatkan tiket, nah dari situ pula diharapkan dapat mendapatakn kontribusi lagi,”ujarnya.

Sementara, untuk rencana jangka panjang pengembangan Pelabuhan Mantuil dibahan. Rencana itu disusun agar dapat terealiasasi tahun 2020 dimana kerjasamanya pemko bagian membebaskan lahan sedangkan Pelindo III yang membangun kawasan Pelabuhan sepanjang 5 Kilometer.

“Perluasan pelabuhan Mantuil pada 2020 nanti bertujuan juga akan mendongkrak lagi  PAD pemko secara yang signifikan, dan itu juga sudah disusun dalam rencana termasuk tim nya,” tutupnya. dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed