oleh

Pekan HDKD 2018 dan Gerakan Disiplin ASN Kemenkumham Dicanangkan

-Seputar Kalsel-1.303 views

Banjarmasin, BARITO-“Sinergi Kerja – Kami PASTI” menjadi tema tahun ini dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.Rabu (03/10) bertempat di halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalsel dilaksanakan   Upacara “Pencanangan Pekan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2018 dan Gerakan Disiplin Aparatur Sipil Negara”.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly yang dibacakan langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian mengatakan bahwa upaya meningkatkan dan merawat kinerja Kementerian Hukum dan HAM tidaklah mudah. Yakni perlu sikap mental yang baik.Salah satunya adalah sikap atau perilaku disiplin.Disiplin dimulai oleh dan  dari diri sendiri serta dilaksanakan oleh seluruh pegawai dibidang pemerintahan, perencana dan pelaksana pembangunan, termasuk

“Kita semua yang ada disini para Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM.Tahun ini mari kita peringati HDKD Kemenkumham dengan penuh makna, dengan membangun sinergitas  sesama untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan menghasilkan jalan keluar yang lebih berkualitas,” ujarnya seperti dikutip Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel kemarin.

Tema  “Sinergi Kerja – Kami PASTI” menurutnya harus dijiwai dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh pada setiap aspek pelaksanaan tugas fungsi.

Harus ada komunikasi dan koordinasi yang baik antara atasan dan bawahan secara berjenjang. ‘Tupai’ simbol yang dipilih menggambarkan hewan yang cerdas, lincah, tangguh dan pantang menyerah. Hal itu sebagai makna bahwa menjadi ASN harus mampu ‘bekerja keras’ dan ‘bekerjasama’ , berjiwa ksatria untuk mengabdi pada  bangsa dan negara.

“Saat ini yang harus kita lakukan adalah bergandeng tangan, bahu membahu, dan mencari solusi secara bersama-sama sehingga setiap persoalan yang dihadapi Kemenkumham dapat ditangani dengan baik.Oleh karena itu, pada hari ini saya canangkan Gerakan Disiplin Nasional.Gerakan yang dipelopori ASN menuju terwujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa khususnya dilingkungan Kemenkumham RI,” bebernya.

Beberapa poin penting yang disampaikan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly dalam sambutannya yaitu :
1. Senantiasa taat beribadah dan berdoa, memohon perlindungan dan kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita diberikan keselamatan dan kasih sayang-Nya;
2. Ambilah hikmah dari setiap musibah.Jangan pernah putus asa.Dalam menghadapi setiap cobaan dan tantangan, Karena ada Tuhan Yang Maha Kuasa bersama kita; 3.Saling sinergi dan bersatu dalam bekerja dan berkinerja, karena perpecahan hanya akan menimbulkan kesengsaraan bagi kita semua;4. Terus pelihara kelestarian alam semesta, mulai dari menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi penggunaan produk-produk yang dapat merusak merusak lingkungan. Kemudian ke -5,Jaga nama baik bangsa dan negara, khususnya institusi kita Kemenkumham.Buatlah prestasi yang membanggakan dan hilangkan stigma negatif tentang kementerian kita.

HDKD adalah kegiatan dalam rangka memeriahkan hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia setiap tanggal 30 Oktober ini didasarkan kepada Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor M.06-UM.01.6 Tahun 1985, tentang penetapan tanggal 30 Oktober sebagai Hari  Kehakiman Republik Indonesia.Terbentuknya Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sama dengan sejarah berdirinya bangsa Indonesia.Diawali pada tahun 1945, dimana Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 1945 tentang Pembentukan Departemen-Departemen di Republik Indonesia.

Sementara itu kegiatan upacara pencanangan pekan HDKD Tahun 2018 dan gerakan disiplin ASN dalam menyambut HDKD 2018 tanggal 30 Oktober 2018 nanti diikuti oleh seluruh Pegawai dilingkungan Kanwil yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia melalui teknologi video conference dengan menggunakan aplikasi Zoom dimana dalam upacara tersebut dilaksanakan

penandatanganan komitmen bersama gerakan disiplin ASN Kemenkumham, pembacaan deklarasi dan penyematan pita kepada tim pengawas dan pengendalian gerakan disiplin ASN serta pelepasan balon ke udara sebagai tanda dibuka secara resmi pekan HDKD Tahun 2018 oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian Selaku Inspektur Upacara.tya

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed