oleh

Pedagang Pasar Parabola Minta Portal Dishub Dibuka

-Seputar Kalsel-1.117 views

Pelaihari,BARITO – Para pedagang di pasar Tapandang Berseri atau biasa di sebut Pasar Parabola Pelaihari (Depan kantor Polres Tala) yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Tapandang Berseri Pelaihari meminta pihak yang berwenang soal pasar untuk membuka portal besi.

Plang besi yang awalnya di pasang Dinas Perhubungan setelah adanya koordinasi dengan pihak Satlantas Polres Tala di samping kanan dari pagar Bank Kalsel dengan alasan sering terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dari analisa yang telah dilakukan Dinas Perhubungan, kebanyakan masyarakat yang datang naik kendaraan dari arah Jalan A.Yani (samping kanan Polres Tala) acap kali selalu memotong lewat gerbang pasar di dekat pagar Bank Kalsel tersebut, sehingga tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas atau pertemuan dengan arus kendaraan yang datang dari Jalan Kemakmuran.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan H. M. Raffiki Effendi mengatakan, dalam rapat Jumat lalu, pedagang minta dibuka plang itu.

Ia menambahkan, jika memang rekomendasinya harus di tutup maka di tutup, jika di buka pun pegang kuncinya bukan di Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Perdagangan, yang pasti harus ada siapa yang bertanggung jawab.

Kepala Dinas Perhubungan Tala Andreas Evony menjelaskan, hal ini tentu pasti akan ada rapat lanjutan guna memfinalisasi apakah plang besi itu dibuka atau ditutup, karena dalam rapat hanya penyampaian saran.

Menyangkut arus lalu lintasnya tambah Andreas, semakin tahun kan semakin ramai, kemudian juga merupakan akses jalan nasional yang melintas di kota Pelaihari tentunya angkutan-angkutan umum berbadan besar, bertonase berat akan melintas di sana sehingga sangat rawan.

“Dishub sendiri sudah menyampaikan semua rekayasa-rekayasa tersebut, tinggal juga kami menunggu jawaban dari yang memohon, baik dari Satlantas dan pertimbangan dari kawan-kawan di Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Perdagangan,”kata Andreas.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Pasar Tapandang Berseri Pelaihari Naufal mengungkapkan, pihaknya minta dibuka pintu masuk pasar yang kini tertutup plang besi.

Diakuinya terjadinya penurunan penjualan pedagang, disamping memang terjadi penurunan daya beli masyarakat secara global, di tambah pula dengan di tutupnya pintu masuk tersebut yang juga membawa dampak penurunan income pedagang.  baz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed