oleh

Pandemi ini, Banjarmasin Coret 49 Event Wisata

Banjarmasin, BARITO – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin terpaksa harus membatalkan puluhan event wisatanya tahun ini.

Hal tersebut disebabkan karena tuntutan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq membeberkan total event yang dibatalkan tersebut mencapai 49 pagelaran.

Lantas, bagaimana event pariwisata pada tahun depan? Ikhsan menyebutkan, tahun depan kemungkinan besar anggaran yang dialokasikan untuk gelaran event bakal dialihkan pada pembenahan kawasan pariwisata.

“Sepertinya bakal fokus ke pembenahan saja,” ucapnya kepada awak media melalui sambungan telepon, Senin (14/12) siang.

Menurutnya, keputusan tersebut diambil bukan tanpa alasan. Pasalnya mengingat sejumlah event yang digelar, tentu akan melibatkan orang banyak alias identik mendatangkan kerumunan. Mulai dari acara festival, upacara tradisi, keagamaan, kesenian, hingga kegiatan budaya lainnya.

Sebagai contoh, Banjarmasin Sasirangan Festival. Di gelaran tersebut, arak-arakan pawai dengan memakai kostum sasirangan yang dimodifikasi, yang digelar di pusat kota, mendatangkan banyak wisatawan.

Bahkan pada pelaksanaannya, juga banyak penampilan hiburan lainnya yang digelar. Yang tentu mampu memanjakan mata para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat ditanya terkait perihal sektor pariwisata, Ikhsan kembali menegaskan bahwa di Bulan Desember ini pihaknya juga masih belum bisa membuka kawasan Siring Menara Pandang.

“Ini karena kita tidak mau mengambil resiko adanya kasus penularan baru Covid-19 yang diakibatkan bukanya tempat wisata,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed