oleh

Paman Birin dan Denny Indrayana akan Hadiri Pelantikan Pengurus Forum Intelektual Dayak Kalsel .

Banjarmasin, BARITO – Setelah lebih kurang satu tahun terbentuk, kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Kalimantan Selatan (Kalsel) segera dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua DPP FIDN DR Yovinus MSI.

Pelantikan kepengurusan salah satu ormas Dayak untuk kepengurusan di tingkat provinsi akan dilaksanakan di Hotel Delima, Jalan A Yani Km 7 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar , Sabtu (1/2/2020) . Menurut Ketua Panitia Yulien Ari Tandau SPd , selain pelantikan kepengurusan pada hari itu juga sekaligus digelar diskusi panel.

Tak tanggung tanggung diskusi panel menghadirkan nara sumber Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor S Sos MH yang akrab disapa Paman Birin, Prof H Denny Indrayana SH LLM Phd ( Guru Besar Tamu Melbourne Law School Australia) yang juga mantan Wakil Menkum HAM RI , DR Yovinus MSI (Ketua DPP FIDN,dosen Pascasarjana Universitas Jendral Yani Bandung & dosen Sesko TNI ) dan Prof DR H Husaini SKM M Kes (Ketua Dewan Pakar FIDN Kalsel dan Guru Besar ULM) “ Diskusi panel mengambil tema memperkokoh eksistensi masyarakat adat Dayak di Kalsel” ujar pria yang akrab disapa Artan ini kepada Barito Post baru baru tadi .

Sekretaris DPD FIDN Kalsel Akhmad Syairani menambahkan diskusi panel bertujuan mengidentifikasi, memberi solusi dan masukan untuk perlindungan dan pemberdayaan Masyarakat Adat Dayak di Kalsel. “ Pelantikan dan diskusi panel juga dihadiri, tokoh adat, pejabat pemerintah , ormas , akademisi dan mahasiswa”terang Akhmad Syairani .

Pada kesempatan sebelumnya jajaran pengurus DPD FIDN Kalsel yang dipimpin Ketua DPD FIDN Kalsel Bujino Adriannus Salan SH MH telah bertemu Kepala Kesbangpol Pemprov Kalsel H Heriansyah guna menyampaikan AD/ART termasuk rencana pelantikan dan diskusi panel .

Hermansyah menyambut baik atas terbentuknya kepengurusan DPD FIDN Kalsel . Dia berharap dengan hadirnya FIDN Kalsel akan menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi dalam turut serta membangun dan memajukan Kalsel . Ketua DPD FIDN Kalsel Bujino Adriannus Salan SH MH mengatakan FIDN ini adalah ormas warga Dayak yang bertujuan mengangkat harkat dan martabat suku Dayak, agar lebih maju dan berdaya saing serta ikut menjadi penentu kebijakan nasional.

“Kita memang harus berbuat bagaimana intelektual Dayak menjadi cerminan suku Dayak. Intelektual itu tidak mesti harus orang yang bersekolah tinggi, tapi siapa saja bisa sepanjang bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Dayak,” pungkas pengacara senior Kalsel ini .

Penulis : Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed