oleh

“Ngotot” Jadi Tuan Rumah Tahun 2025

Pelaihari,BARITO – Seluruh cabang olahraga (Cabor) dibawah binaan Koni Tala mendesak Pemkab Tanah Laut agar ditahun 2025 mendatang Kabupaten Tanah Laut menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), karena sampai pelaksanaan Porprov ke 11 yang akan dilangsungkan tahun 2022 mendatang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Tanah Laut masih menolak menjadi tuan rumah.

Era kepemimpinan Edy Porwanto sebagai ketua Koni hingga sampai kepemimpinan H.Iriansyah juga belum menyambut dan bersedia kalau Kabupaten Tanah Laut menjadi tuan rumah pesta olahraga yang digelar 4 tahun sekali itu.

Desakan agar Pemkab Tanah Laut menjadi tuan rumah Porprov terkuak dalam Rapat Anggota Koni Kabupaten Tanah Laut (Rakonkab) 2020 disalah satu aula hotel dikota Pelaihari, Rabu,(23/12). Di Rakonkab Koni Tala seluruh cabor melaporkan laporan pertanggung jawaban kegiatan masing-masing.

Ketua Harian Koni Tala Fahrianor disela-sela Rakonkab dalam keterangan persnya mengatakan, dari Cabor Beladiri mendesak Koni Tala dan Dispora untuk menghadap Bupati Tala HM.Sukamta agar dibuatkan tempat latihan atau gedung beladiri pada tahun depan atau berikutnya.

“Semua cabor sepakat, akan merekomendasi kepada Bupati Tala dan Ketua DPRD Tala agar Kabupaten Tanah Laut wajib menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ke 12 pada tahun 2025 mendatang,”kata Nonor sapaan khas ketua Harian Koni Tala ini.

Ia menambahkan, Kabupaten Tanah Laut sendiri berada pada peringkat ke 9 pada Porprov yang ke 11 lalu, dan tahun mendatang 2022 berharap bisa naik 2 peringkat atau punya target masuk 5 besar.

Rapat anggota Koni memang merupakan agenda wajib yang harus dilakukan dan telah diatur dalam AD/ART Koni sampai ke kabupaten. Dalam rapat anggota itulah dibahas program-program kerja, baik yang tahun telah berjalan maupun pada tahun yang akan dilaksanakan.

Dalam Rakonkab Tala ini dihadiri oleh semua cabor yang diwakili 2 orang, dan kini ada 7 cabor baru yang akan bergabung bersama Koni Tala yakni Persatuan Gate Ball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesai (Perbasasi), Hapkindo salah satu olahraga yang berasal dari Korea disamping Taekwondo, Federasi Aero Sport Indonesia (Fasi), E Sport, sebuah olahraga elektronik dan merupakan istilah untuk kompetisi permainan video. Kemudian Sambo, jenis olahraga beladiri modern tanpa senjata yang kini dikembangkan oleh negara Uni Soviet dan Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (Pabsi).

Adanya desakan cabor agar Kabupaten Tanah Laut menjadi tuan rumah Porprov ke 12 tahun 2025, Bupati Tala HM.Sukamta dikonfirmasi via Whats App mengatakan, memang saat ini belum ada masuk laporan dari kegiatan Rakonkab Koni Tala.

“Bicara siap tidak siap untuk menjadi tuan rumah Porprov kayaknya Tala belum siap, mengingat sejumlah venue-venue belum terbangun atau belum siap, dan kalau dikalkulasi secara kasar maka anggaran yang bakal terserap untuk membangun venue mencapai Rp 50 milliar,”kata Sukamta.

Lantas apakah perlu sharing dana ke Pusat untuk pembangunan venue ?
Menurut Sukamta untuk saat ini Pusat mungkin tidak ada danannya, dan memang dari Kemempora sendiri tidak ada menganggarkan untuk membangun venue olahraga didaerah, tutupnya.

Rakonkab Koni Tala sendiri mengambil tema Sinergitas Koni dan Cabor untuk menuju Tala naik peringkat di Porprov ke 11 di HSS. Tema tersebut sebagai pemicu agar semua cabor allout membina atlet dan pelatihnya.

Dalam prestasi olahraga, dicabor Kempo saat ini menjadi cabor unggulan karena meraih medali terbanyak.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed